Mengapa Konflik TNI – Polri Terus Berlanjut ?

Loading

021214-NASIONAL-2

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Konflik antara TNI dan Polri seperti yang terjadi antara anggota Brimob Polda Kepri Riau dengan TNI AD belum lama ini ditengarai bakal terus terjadi apabila tidak ada pembagian kewenangan yang sesuai. Mengapa ?

“Secara tersirat ada permintaan dari TNI bahwa persoalan keamanan itu jangan di polisi saja,” kata kriminolog dari Universitas Indonesia, Erlangga Masdiana dalam sebuah diskusi di gedung DPR, Jakarta, Selasa (2/12)

Erlangga menjelaskan pemerintah sebaiknya membagi tugas untuk TNI dan Polri sesuai kewenangannya masing-masing. Contohnya, pengamanan bersifat strategis seperti sumber daya alam diberikan kepada TNI. Sementara, pengamanan yang bersifat teknis menjadi tanggung jawab kepolisan, seperti keamanan dan ketertiban yang berhubungan dengan masyarakat.

“Kalau tidak segera dituntaskan maka konflik akan terus berkelanjutan. Pendidikan satu atap akan sama saja, mereka tetap berkelahi karena masalah dasarnya tidak diselesaikan,” katanya.

Dia menambahkan tidak mudah bagi pemerintah maupun DPR mengantisipasi bentrokan TNI dan Polri di lapangan. Mengingat, persoalan yang terjadi sama-sama melibatkan pihak bersenjata.”Itulah sebabnya kenapa Pansus DPR masih jadi perdebatan, apakah Polri butuh Pansus. Ini sepertinya persoalan yang institusional,” ujar Erlangga. (nisa)

CATEGORIES
TAGS