Mengintip Persiapan Natal di Singapura

Loading

Laporan: Redaksi

Ilustrasi

SINGAPURA, (TubasMedia.Com) – Orchard Road, salah satu jalan yang cukup popular di Singapura, akhir-akhir ini berubah wajah, bersolek dan mempercantik diri. Sepanjang kiri kanan jalan dipenuhi pohon Natal dengan pernak-pernik berwarna-warni. Pohon Natal-nya sangat beragam, baik ukuran maupun gaya, mulai dari yang terkecil hingga pohon Natal raksasa.

Demikian laporan jurnalistik wartawan tubasmedia.com, Sabar Hutasoit yang berada di kota singa tersebut untuk melihat dari dekat persiapan Natal 2012. Ternyata setelah diamati, tidak hanya jalan raya yang dihias secara mencolok, akan tetapi deretan mal sepanjang 2 km di jalan tersebut juga dipenuhi lampu-lampu spektakuler. Masing-masing mal berbenah diri dan mengikuti kompetisi Best Dressed Building.

Masing-masing mal yang menjual segala keperluan Natal, baik itu sepatu, pakaian, asesoris pohon Natal dan apa saja, secara beramai-ramai memajang tarif yang diwarnai dengan perang diskon. Namun demikian, kendati sudah perang diskon, sekelompok wisatawan yang berasal dari Indonesia membatalkan rencana shopping peralatan natal dengan alasan terlalu mahal.

‘’Lebih baik belanja di Jakarta saja, pasti jauh lebih murah,’’ kata seorang wisatawan dengan logat Indonesia setelah menghitung-hitung angka di atas kalkulator. Terang saja, diurungkan niatnya. Pasalnya, kurs rupiah terhadap Sing$ terus melemah dan berada pada kisaran Rp 8.000/ Sing$.

Artinya, jika kita beli sandal jepit seharga Sing$ 10, lalu dihitung ke mata uang rupiah, harga sandal jepit itu akan menjadi Rp 80.000 lebih/buah.

Sementara tentang hiburan Natal, salah satu hiburan menarik adalah festival seminggu penuh di Orchard Road. Hiburan di salah satu jalan dengan dekorasi Natal tercantik di dunia itu, amat sangat bervariasi, banyak pilihan dari menari, bernyanyi solo, grup dan banyak lagi aneka permainan berbau Natal.

Dari situs resmi pariwisata Singapura, mulai 17-25 Desember 2012 digelar beragam festival sepanjang Orchard Road. Tempat ini masuk dalam peringkat Top 10 Christmas Market versi Lonely Planet dan 10 Decorated Cities versi Frommers.

Tiap wisatawan yang berkunjung ke Orchard Road akan diajak melihat festival dan parade, pertunjukan beragam kisah Natal dan seniman jalanan dengan kostum beragam. Saat malam Natal, para turis bisa ikut menyanyi bersama 1.000 warga Singapura di bawah pohon-pohon Natal sepanjang Orchard Road. Akan ada pula konser musik akbar yang digelar di antara Scotts Road dan Bideford Road. ***

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS