Menteri Susi Siap jadi Bemper

Loading

1118560Arv57eCqu7WyH2OmjwGc

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Menteri Kelautan dan Perikanan (MKP) Susi Pudjiastuti menyatakan siap menjadi bamper dan dikecam oleh berbagai pihak yang tetap menginginkan penggunaan cantrang untuk menangkap ikan.

“Saya kalau untuk sustainability, go ahead. Saya ready untuk jadi bemper,” ujar Susi saat bertemu dengan pengusaha perikanan di Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Jakarta, Senin (4/5/2015).

Susi mengaku siap mengeluarkan Peraturan Menteri (Permen) pelarangan penggunaan cantrang di Jawa Tengah dan Jawa Timur apabila semua stakeholder mendukung langkah tersebut. Dia
meminta para pengusaha untuk medukung kebijakannya apabila Permen soal pelarangan cantrang di Jawa Tengah dan Jawa Timur itu dikeluarkan.

Cantrang adalah salah satu jenis Alat Penangkapan Ikan (API) yang masuk dalam kelompok pukat tarik berkapal (boat or vessel seines). Penggunaan alat tangkap cantrang diperbolehkan bagi kapal di bawah 30 gross tone (GT).

Namun dalam perkembangannya kapal-kapal berkapasitas diatas 30 GT melakukan markdown untuk bisa menggunakan alat tangkap yang bisa merusak biota laut misalnya terumbu karang.
Penggunaan alat tangkap ikan cantrang akan membahayakan ketersediaan ikan dan sumberdaya laut di masa yang akan datang. (siswoyo)

CATEGORIES
TAGS