Minggu Malam, Gerhana Bintang di Langit Barat ?

Loading

images

JAKARTA, (tubasmedia.com)- Beruntung, orang-orang di wilayah Sumatera Selatan dan Bengkulu malam ini (Minggu 25/5/2015) pukul 23.50 bisa menyaksikan peristiwa langka gerhana bintang.

Astronom amatir dan pembina Jogja Astro Club, Mutoha Arkanuddin, mengungkapkan fenomena gerhana bintang ini bisa dilihat dengan mata telanjang malam nanti sekitar pukul 23.50 WIB di wilayah Sumatera Selatan dan Benkulu.”Saat terjadi gerhana , bintang Regulus akan hilang dari pandangan selama 2,4 degtik” jelas Mutoha Minggu (24/5/2015).

Menurut Mutoha peristiwa astronomi ini terjadi karena bintang Regulus tertutup oleh asteroid Leo sehingga munculnya fenomena yang disebut gerhana bintang. Gerhana bintang malam ini terjadi akibat bintang Regulus merupakan salah satu bintang paling terang di rasi Leo.

Dagmar adalah asteroid yang terletak di antara Mars dan Jupiter yang ditemukan pada tahun 1934.” Ketika gerhana, Regulus akan berada di langit barat. Siapa pun yang ingin mengamati harus mengarahkan mata ke langit bagian barat.Ketinggian (Regulus) sekitar 10 derajat. Jangan mengarahkan mata terlalu tinggi.

“Pengamatan akan lebih baik dilakukan di tempat yang relatif gelap dan tanpa penghalang di bagian barat. Gerhana bakal terjadi sangat singkat. Lama ketertutupan Regulus atau durasi gerhana hanya sekitar 2,4 detik” jelasnya
Astronom amatir dan pembina Jogja Astro Club, Mutoha Arkanuddin, mengungkapkan fenomena gerhana bintang ini bisa dilihat dengan mata telanjang malam nanti sekitar pukul 23.50 WIB.

“Saat terjadi, bintang Regulus akan hilang dari pandangan. Gerhananya sendiri bisa dilihat dari wilayah Sumatera Selatan dan Bengkulu,” jelas Mutoha Minggu (24/5/2015).. (siswoyo)

CATEGORIES
TAGS