Nasib Kasus Bank Century Sebaiknya Dilimpahkan ke Polri

Loading

lps-didesak-segera-jual-eks

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Komisi III DPR mendesak Badan Reserse dan Kriminal Mabes Polri mengambil alih kasus Bank Century. Menurut anggota Komisi III DPR, Bambang Soesatyo terhentinya proses hukum Bank Century oleh Komisi Pemberantasan Korupsi sangat mengecewakan dan menimbulkan banyak pertanyaan.

“Kelanjutan proses hukum mega skandal itu sebaiknya dilimpahkan ke Bareskrim Mabes Polri, karena siapa saja yang harus bertanggungjawab atas kerugian negara dalam kasus itu harus dibuat terang benderang. Tidak ada yang boleh kebal hukum,” kata Bambang dalam pesan singkat di Jakarta, Minggu (24/5/2015).

Politisi Golkar itu melanjutkan, desakan komisi hukum agar kasus mega skandal Bank Century dilimpahkan ke Bareskrim Mabes Polri dilandasi pertimbangan bahwa KPK masih dalam proses konsolidasi setelah dirundung rangkaian masalah sejak awal 2015.

“KPK saat ini masih dipimpin etua yang berstatus pelaksana tugas (PLT) dengan sisa masa bhakti sekitar enam hingga tujuh bulan lagi. Dalam situasi seperti itu, tidak mudah bagi semua unsur pimpinan KPK menyepakat kasus-kasus yang patut diprioritaskan.  Sedangkan kelanjutan kasus Bank Century layak diprioritaskan,” lanjutnya.

Bambang mengatakan, apabila harus menunggu kepemimpinan KPK yang definitif, rentang waktunya masih terlalu panjang. Kalau prosesnya seleksi calon pimpinan KPK berjalan mulus, kepemimpinan baru KPK baru terbentuk pada Desember 2015. Setelah kepemimpinan baru melakukan konsolidasi, KPK praktis baru efektif bekerja pada Januari 2016.

“Dengan pertimbangan lain bahwa terlalu banyak kasus korupsi yang menumpuk di KPK, saya pun menyarankan agar kelanjutan proses hukum kasus Bank Century sebaiknya dilimpahkan ke Bareskrim Mabes Polri.  Selama bertahun-tahun hingga sekarang, kasus ini menjadi tetap pusat perhatian publik. Sangat memalukan jika kasus ini terus diambangkan atau tidak bisa dituntaskan oleh semua institusi penegak hukum di negara ini,” bebernya. (nisa)

CATEGORIES
TAGS