Orangutan Gunakan iPad Untuk Minta Makan

Loading

Orangutan belajar menggunakan iPad (youtube)

Orangutan belajar menggunakan iPad (youtube)

MIAMI, (tubasmedia.com) – Ternyata, tak hanya manusia yang tergila-gila dengan gadget canggih dan smartphone super modern. Orangutan di sebuah kebun binatang Jungle Island Zoo, Miami, Amerika Serikat pun tak mau kalah. Mereka telah mahir menggunakan iPad untuk meminta makanan kegemaran mereka.

Sebuah video yang diunggah di Youtube memperlihatkan bagaimana sekelompok orang utan belajar berkomunikasi dengan manusia melalu aplikasi yang dipasang di iPad.

Penjaga kebun binatang Linda Jacobs menjelaskan, orangutan memiliki kecerdasan yang cukup tinggi untuk dapat berkomunakasi dengan manusia, hanya saja mereka tidak dapat berbicara. “Ini (penggunaan iPad) memberikan mereka suara,” katanya.

Seperti tampak pada video tersebut, orangutan mampu mengenali makanan pada layar iPad. Mereka dapat memilih makanan favoritnya. Dengan demikian, Linda berharap tiap orangutan tersebut bisa mendapatkan menu makanan spesial yang masing-masing berbeda, sesuai kesukaannya.

“Ada yang lebih suka wortel ketimbang kacang. Kita juga tidak mau ‘kan kalau menunya itu-itu saja. Saya ingin memberikan mereka pilihan dan mereka bisa menentukan apa yang mereka mau,” paparnya lagi.

Selain makanan, orangutan juga dapat mengenali berbagai obyek lain di layar gadget tersebut. Mereka dapat merespon perintah manusia melalui media itu.

Pihak kebun binatang berharap, nantinya orangutan dapat berkomunikasi dengan para pengunjung melalui aplikasi iPad. Tentu saja, pada akhirnya semakin menumbuhkan kesadaran seluruh orang untuk turut menjaga dan melestarikan orangutan.

Orangutan adalah sejenis kera besar dengan lengan panjang dan berbulu kemerahan atau coklat. Orang utan dapat ditemukan di hutan tropika Indonesia dan Malaysia, tepatnya di pulau Kalimantan dan Sumatera. Orangutan Sumatera kini termasuk dalam klasifikasi Critically Endangered dalam daftar IUCN. (houtman)

CATEGORIES
TAGS