Pansel Pimpinan KPK Diumumkan Pekan Ini

Loading

KPK

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Presiden Joko Widodo telah menerima banyak usulan nama untuk dimasukkan sebagai nominasi anggota panitia seleksi (pansel) pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Pansel akan diumumkan pekan ini. Demikian dikemukakan Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Senin (18/5/2015).

Menurut Mensesneg, nama-nama tersebut sedang digodok dan nanti Presiden Jokowi sendiri yang akan memutuskan siapa-sia[a yang akan masuk dalam Pansel KPK. Presiden akan mendengarkan berbagai pihak, karena ini hal yang sangat penting.

“Intinya ini adalah bagian dari komitmen Presiden untuk pemberantasan korupsi, pencegahan korupsi, melalui sinergi kelembagaan, baik antara KPK, Kepolisian, dan Kejaksaan,” kata Pratikno saat ditanya wartawan, di kawasan Istana Kepresidenan, Jakarta, sebagaimana dikutip dari laman Setkab, Senin siang.

Saat disebut kemungkinan masuknya nama-nama seperti Margarito Kamis atau Romli Atmasasmita dalam daftar nama yang dijaring untuk menjadi anggota Pansel KPK, Pratikno mengaku, tidak hafal satu per satu, karena nama yang masuk puluhan. Kapan diumumkan? “Secepatnya. Pekan inilah,” kata Pratikno.

Masa jabatan seluruh pimpinan KPK periode 2010-2015 akan berakhir pada Desember 2015. Proses yang harus dilalui seseorang untuk menjadi pimpinan KPK cukup panjang, karena harus lolos terlebih dahulu dari Pansel, kemudian menghadapi fit and proper test di DPR, hingga Presiden menandatangani SK pengangkatannya. (ril/ender)

CATEGORIES
TAGS