PDAM Purwodadi Terima Kucuran Dana Rp 50M

Loading

Laporan: Redaksi

ilustrasi

GROBOGAN, (tubasmedia.com) – PDAM Purwa Tirta Dharma Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah tahun depan akan menerima kucuran dana Rp 50 miliar dari Kementerian Pekerjaan Umum. Dana itu akan digunakan untuk pembangunan jaringan baru di kecamatan Toroh dan Karangrayung.

Direktur PDAM Grobogan, Ady Setiawan mengatakan, Grobogan menjadi salah satu kabupaten yang mausk kuota penerima program Perpres 29 tahun 2010 tentang pengadaan jaringan baru. ”Nominal kucuran dana tersebut belumlah mencukupi. Secara keseluruhan anggaran totalnya mencapai Rp 64 miliar” katanya. Ada dana penyertaan modal dari APBD Kabupaten Rp 6 miliar dan kekurangan Rp 8 miliar, PDAM akan mengajukan pinjaman bank pemerintah.

Selama ini di perbatasan Karangrayung, kebutuhan air untuk warga disuplai dari PDAM Boyolali. Untuk kecamatan Karangrayung, rencananya PDAM akan membangun sumber air baru di Desa Temurejo Kecamatan Karangrayung. Sumber air baru diharapkan akan mengatasi permasalahan air di delapan desa, yakni Temurejo, Termas, Putatnganten, Dempel, Sumberjosari, Ketro, Sendangharjo dan Nampu. ”Dua jaringan baru PDAM ditarget mampu melayani kebutuhan air 9.500 keluarga di dua kecamatan tersebut. Jaringan baru diharapkan bisa memasok air 125 liter/detik.

Wakil Ketua DPRD Sementara HM Nurwibowo mengharapkan, PDAM segera memaparkan hal itu dan meminta persetujuan DPRD terkait anggaran penyertaan modal. Jika nanti terlambat, maka anggaran tidak bisa dialokasikan pada penetapan anggaran untuk 2015. “Penyertaan modal Rp 6 miliar ini mestinya bisa. Sepanjang untuk pengembangan PDAM dan pelayanan kepada masyarakat. Tapi, PDAM juga harus segera meminta persetujuan DPRD,” ujarnya. (sofi)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS