Pelaksanaan UN 2015 Masih Mengalami Kebocoran Soal

Loading

048265800_1426233411-Mendik

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Kebocoran soal yang terjadi setiap pelaksanaan ujian nasional di tahun sebelumnya juga masih terjadi untuk tahun 2015 ini. Kebocoran soal ini tentu menjadi peringatan keras dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan kepada para instansi pendidikan.

Menurut Mendikbud Anies di Kantor Kemendikbud Jakarta pada Rabu lalu, kebocoran soal dapat mencederai jutaan para pelaku pendidikan yang telah berusaha keras untuk melaksanakan UN dengan penuh kejujuran. Seperti para siswa yang telah belajar dengan keras, serta para guru yang mengajar dengan keras untuk mensukseskan UN yang jujur.
“Hal ini tidak bisa didiamkan. Untuk itu, jika melihat ada praktek kecurangan dalam pelaksanaan UN segera laporkan ke pihak yang berwenang,” ujar Mendikbud Anies.

Tidak perlu ada toleransi jika terjadi kecurangan saat pelaksanaan UN. Menindak dengan keras dan segera melaporkan bisa menjadi tindakan utama perlu dilakukan saat melihat kecurangan itu terjadi.

Menanggapi hal itu, sambung Mendikbud, perlu diberikan apresiasi kepada semua pihak yang telah melaksanakan UN dengan jujur dan menjaga integritas.

“Karena, dengan menerapkan dan mendukung sistem UN yang mengutamakan indeks integritas, maka akan dapat dideteksi indikasi praktik kecurangan.” imbuhnya.(rika)

 

CATEGORIES
TAGS