Pelaku IKM Mengapresiasi Wacana Penghapusan SVLK

Loading

IKM-mebel

JEPARA, (tubasmedia.com) – Ketua Asosiasi Perajin Kecil Jepara (APKJ), Margono mengungkapkan Pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) bidang mebel dan furnitur di Jepara, tak akan mampu memenuhi persyaratan yang ada dalam pengurusan Sistem Verifikasi Legalitas Kayu (SVLK), karena persyaratan yang sulit dan juga mahalnya biaya yang harus dikeluarkan oleh perajin.

“Pemberlakuan SVLK memang sangat penting untuk kepentingan penjualan ke luar negeri terutama ke kawasan Eropa. Tapi, aturan tersebut tidak dapat begitu saja disama-ratakan, kami sangat mengapresiasi wacana penghapusan SVLK bagi sektor hilir yang diwacanakan pak Presiden,” ujar Margono, Jumat, (24/4)

Menurutnya, kendala yang dihadapi para pengrajin dan IKM tidak hanya mahalnya biaya pengurusan SVLK, namun juga budaya administratif yang masih asing bagi pengusaha kecil. Terlebih, bagi industri kecil pengambilan kayu tidak sekali tempo dalam jumlah besar namun dalam jumlah kecil bahkan kerap menyesuaikan kebutuhan yang sangat sedikit. (roris)

TAGS