Pembangunan Jalan Tol Sumatera Dimulai April 2015

Loading

11442-jalan-tol-sumatera-istime-pemerintah-didesak-segera-tuntaskan-trans

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Pembangunan Jalan Tol Sumatera mulai dikerjakan paling lambat April 2015. Jalan Tol Sumatera dan juga sarana pendukung, termasuk pelabuhan penyeberangan Merak-Bakauheni dan Kawasan Ekonomi Khusus di Sumatera, menjadi program prioritas. Presiden Joko Widodo mengatakan, tiga bulan yang lalu kita melihat di lapangan perlunya Tol Trans Sumatera. “Saya sudah perintahkan untuk segera dimulai. Dan saat itu saya sampaikan target maksimal dimulai April,” kata Presiden dalam pengantar Sidang Kabinet Terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (5/3/2015).

Sebelumnya, November 2014 Presiden Jokowi memantau rencana pembangunan Jalan Tol Trans-Sumatera dan jalur kereta api yang diharapkan dapat lebih mengintegrasikan dan meningkatkan konektivitas di pulau tersebut.
Presiden menginginkan perencanaan pengembangan pembangunan terkait dengan konektivitas dan integrasi antarkawasan berjangka panjang. “Kita ingin melihat pengembangan 50 tahun ke depan seperti apa, 100 tahun ke depan seperti apa,” kata Presiden, seperti dipetik dari laman Setkab, Kamis siang.

Pada Senin (2/3), Menteri BUMN Rini M Soemarno, mengatakan pemasangan tiang pancang pembangunan infrastruktur di Sumatera akan dilakukan, April 2015. “Kuartal I Tol Sumatera sudah harus bisa dimulai dari Bakauheni hingga Terbanggi Besar, Sumatera Selatan,” katanya.  Dikatakan, sesuai dengan perencanaan pembangunan infrastruktur jalan tol dari Bakauheni, Lampung-Terbanggi Besar, Palembang sepanjang 150 kilometer akan diselesaikan secepatnya.

Secara terpisah, Menteri PU-Pera Basuki Basuki Hadimuljono mengatakan, total investasi pembangunan jalan tol Bakauheni-Palembang mencapai sekitar Rp 53 triliun. Jalan itu dibangun oleh PT Hutama Karya (Persero) dan menyertakan BUMN Karya lainnya.
Juga akan dimodernisasi Pelabuhan Merak dan Bakauheni, termasuk pembangunan KEK mulai dari Merak, Bakauheni, Bandar Lampung, dan Tanjung Api-Api, Palembang. (ril/ender)

CATEGORIES
TAGS