Pembangunan Maritim berikan Peluang Besar

Loading

081214-MARITIM-1

JAKARTA, (tubasmedia.com) -Konsep pembangunan berorientasi maritim menjadi tantangan berat pemerintah, kata Ketua Umum Kadin Indonesia, Suryo Bambang Sulisto.

“Bagi dunia usaha nasional konsep pembangunan beroreintasi maritim akan menjadi tantangan yang luar biasa berat namun juga menawarkan peluang yang besar,” jelasnya pada Rapimnas Kadin, di Jakarta, Senin (8/12/2014).

Menurut Suryo pembangunan infrastruktur maritim untuk meningkatkan efisiensi logistik dan hal itu harus menjadi perhatian utama bagi dunia usaha. Pasalnya proses logistik di Indonesia selama ini terkendala infrastruktur darat yang memakan biaya sangat tinggi. “Kemaritiman perhatian kita terutama dalam ekspor komoditi yang hanya didasarkan pada basis free on board,” tambahnya.

Menurut Suryo, Free on board (FOB) merupakan sistem yang menyebabkan negara kehilangan peluang pemasukan nasional. “Tidak kurang USD12 miliar per tahun, selain jasa perkapalan dan pengapalan, jasa asuransi nasional juga perlu ditingkatkan,” ujarnya. (sabar)

CATEGORIES
TAGS