Pembangunan Tol Cileunyi – Tasik – Banjaran Segera Dimulai

Loading

150521134313-galahot

TASIKMALAYA, (tubasmedia.com) – Kabar gembira bagi masyarakat, khususnya penduduk Priangan Timur, yakni Tasikmalaya, Garut, Ciamis, Banjar, dan Pangandaran. Pembangunan Tol Cileunyi – Tasik – Banjar segera dimulai oleh Pemerintah Pusat dan Jawa Barat.

Pembangunan jalan bebas hambatan, yang menghubungkan Priangan Timur dan Bandung, Jawa Barat, diperkirakan berbiaya triliunan rupiah. Bupati Tasikmalaya, U Uuzhanul Ulum, kepada tubasmedia.com melalui telepon seluler, Jumat (22/5/2015),   membenarkan pembangunan tol Bandung – Tasikmalaya dimulai pada 2015 ini.

Rencana pembangunan ruas jalan tol Cileunyi – Tasikmalaya – Banjar sudah tertuang dalam Peraturan Daerah Provinsi Jawa Barat Nomor 12 Tahun 2012, tentang Pengelolaan Pembangunan dan Pengembangan Metropolitan dan Pusat Pertumbuhan di Jawa Barat.

Berdasarkan,   hasil studi kelayakan, rute jalan bebas hambatan, dengan panjang 107 km dimulai dari Majalaya – Nagreg – Limbangan – Malangbong – Rajapolah – Ciamis – Banjar. Jalan bebas hambatan tersebut akan terhubung dengan rencana jalan tol Gedebage – Majalaya.

Sementara itu, Kepala Bappeda Kabupaten Tasikmalaya, Yusep mengatakan, tahapan awal pembangunan, berupa pembuatan amdal dan DED, segera dimulai. DED (detail engineering design) produk dari konsultan perencana yang akan dijadikan pedoman oleh pelaksana pembangunan jalan tol.

Kepastian akan pembangunan Tol Cileunyi – Tasik – Banjar menyusul rapat di provinsi baru-baru ini, yang dihadiri oleh semua perwakilan pemerintahan daerah se-Priangan Timur. (hakri miko)

CATEGORIES
TAGS