Pemerintah Ambil Alih Blok Mahakam dan Freeport

Loading

blok-mahakam-tengah-laut_20

JAKARTA, (tubasmedia.com) –  Pemerintah akan mengambil alih sepenuhnya pengelolaan Blok Mahakam di Kalimantan Timur dan pengelolaan tambang emas di Papua yang saat ini dikuasai oleh PT Freeport Indonesia.

“Presiden Joko Widodo menegaskan kembali pemerintah telah memutuskan pengelolaan Blok Mahakam akan diambil alih oleh pemerintah,” kata Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, dalam siaran pers di Jakarta, Senin (25/5/2015).

Saat ini Blok Mahakam masih dikelola oleh perusahaan migas asal Perancis, Total E&P Indonesie dan Inpex Corp hingga 2017.”Sedangkan untuk Freeport, karena kontraknya baru habis tahun 2021, maka kementerian ESDM akan menjaga agar secara bertahap kepemilikan Indonesia semakin besar,” kata Pratikno.

Menurut dia pemerintah tengah melakukan terobosan pengelolaan sumber daya mineral melalui UU Mineral dan Batubara (Minerba) untuk mengatur hubungan antara negara dengan Freeport. “Hubungan yang semula kontrak karya akan diubah menjadi izin usaha pertambangan sehingga posisi Indonesia sebagai negara lebih kuat,” ujar Pratikno.

Pemutusan sepihak atas pengelolaan tambang emas dan tembaga di Provinsi Papua tersebut tidak akan menyelesaikan masalah.”Pemutusan sepihak akan memunculkan masalah baru, ekonomi Papua akan terganggu dan masyarakat akan menderita.Mmasalah ekonomi akan berdampak pada urusan politik, merusak iklim investasi serta melemahkan posisi Indonesia di kawasan Asia Pasifik” kata Mensesneg (siswoyo)

CATEGORIES
TAGS