Pemerintah Dukung Produksi Pesawat Lokal Karya BJ Habibie

Loading

ti_307403_bj-habibie-menjel
JAKARTA, (tubasmedia.com) – Rabu (15/4/2015), pemerintah menyatakan dukungannya dalam produksi pesawat lokal R-80 karya BJ Habibie. Hal ini dikuatkan oleh Menteri Perindustrian Saleh Husein bahwa pemerintah akan segera mengundang Regio Aviasi Industri (RAI), perusahaan pemroduksi pesawat local R-80 untuk membahas apa yang bisa dilakukan pemerintah.

Pemerintah meyakini Indonesia sangat membutuhkan pesawat R-80 karena pesawat perintis model ini cocok untuk kondisi geografis Indonesia yang terdiri dari kepulauan.

Sementara itu, Saleh menanggapi, Indonesia membutuhkan pesawat lokal tersebut dalam jumlah besar untuk menghubungkan seluruh Indonesia.

BJ Habibie selaku Presiden RI ke-3 berharap Presiden JokoWidodo bisa memberikan dukungan untuk produksi pesawat tgersebut. Targetnya, tegas Habibie, pesawat R-80 sudah bisa dioperasikan pada 2019.

Menurut Habibie, pesawat ini akan mampu bersaing dengan Boeing 777. Selain itu, pesawat ini cocok digunakan untuk tipe bandara khas Indonesia yang berbentuk kepulauan. Kelebihan lainnya, pesawat lokal ini lebih hemat bahan bakar dan perawatannya yang terbilang mudah.
Ilham Akbar Habibie, Komisaris PT RAI, selaku produsen pesawat R-80, mengatakan pesawat yang dirancang dirinya bersama mantan Presiden BJ Habibie tersebut berkapasitas penumpang sekitar 80 orang. Dan R-80 bypass ratio mencapai 40 yang apabila semakin tinggi terbang akan semakin cepat dan makin efisien bahan bakar. Oleh karena itu, Ilham menilai, pesawat ini cocok dengan kawasan maritime di Indonesia dan cocok juga untuk penerbangan jarak pendek.(rika)

CATEGORIES
TAGS