Pemerintah Harus Action, Tak Cukup Hanya Pasang Iklan P3DN

Loading

Laporan: Redaksi

Lili Asdjudiredja

Lili Asdjudiredja

JAKARTA, (TubasMedia.Com) – Anggota DPR Komisi VI, Lili Asdjudiredja mendesak pemerintah untuk serius menggolkan program P3DN dan menjadikan P3DN tersebut tidak hanya sekedar jargon politik, namun benar-benar berdaya guna menumbuhkembangkan industri dalam negeri.

“Harus action. Tidak cukup hanya menebar pamflet, iklan atau sejenisnya. Tapi bertindak langsung memperkenalkan produk dalam negeri kepada calon pembeli. Kalau hanya melalui iklan, nanti yang terkenal bintang iklannya, bukan produknya,” kata Lili kepada tubasmedia.com di ruang kerjanya, Rabu.

Lili yakin betul, cukup banyak produk nasional yang bisa diandalkan tidak hanya untuk pasar dalam negeri, tapi juga mampu menembus pasar internasional. Hanya saja tinggal campur tangan pemerintah yang perlu didorong.

Lili menyebut produk komponen kapal yang diproduksi di Kota Tegal Jawa Tengah, cukup dapat dibanggakan. Menurutnya, jika pemerintah serius memperkenalkan komponen kapal yang dibuat di Kota Tegal itu, Indonesia tidak perlu lagi mengimpor komponen kapal.

Seperti diberitakan, industri komponen kapal UD Setia Kawan metal casting & ship equipment adalah perusahaan swasta dengan spesialisasi pembuatan komponen kapal laut (marine/ship equipment).

Imron Rosadi, pemilik perusahaan itu, merupakan sarjana Perkapalan lulusan ITS yang memimpin sekitar 30 karyawan. Beberapa komponen kapal yang diproduksinya meliputi side scuttle, square window, gate valve, handel pintu kedap, air pipe head, jangkar, clino meter dan lain-lain. Harganya dijamin kompetitif dengan harga impor.

Namun produknya belum dikenal luas karena terbentur permodalan dan promosi yang mengakibatkan ratusan galangan kapal di Pulau batam terpaksa mengimpor komponen yang sama karena ketidaktahuannya bahwa di Tegal tersedia komponen yang dibutuhkan.

“Di sinilah peran pemerintah mempertemukan produsen dengan pembeli. Jadi langsung action, tidak lagi melalui iklan yang memamerkan bintang iklan,” katanya.

Disebutkan, untuk mewujudnyatakan P3DN, pemerintah harus membantu produsen memperkenalkan produknya melalui pameran, temu produsen dengan pembeli dan banyak. “Tidak hanya sekedar pasang iklan,” katanya. (sabar)

TAGS

COMMENTS