Pemkab Bandung Sediakan Lahan Abadi

Loading

dadang_naser_bupati_kabupat

BANDUNG, (tubasmedia.com) – Untuk mengendalikan alih fungsi lahan pertanian menjadi industri maupun perumahan, Pemerintah Kabupaten Bandung Jawa Barat memacu penyediaan lahan abadi. Sebab, apabila lahan abadi ini tidak disediakan, ketahanan pangan akan terganggu.

Hal ini diungkapkan oleh Bupati Bandung Dadang Naser bahwa pihaknya akan menetapkan 32.000 hektare lahan abadi pertanian sebagai langkah antisipasi pengendalian alih fungsi lahan pertanian.

Lahan abadi pertanian tersebut akan diperkuat dengan regulasi di tingkat desa dan upaya lahan abadi ini diwujudkan dalam bentuk Peraturan Daerah (Perda) tentang Lahan Abadi.

Dadang menuturkan, lahan pertanian yang saat ini semakin banyak dialihfungsikan ke arah industri dan perumahan pasti akan memberikan dampak negatif terhadap kebutuhan pangan penduduk.

“Penyusutan lahan sawah menjadi permukiman dan pabrik di Kabupaten Bandung setiap tahunnya diperkirakan mencapai 11-15 hektare (ha).” ujar Dadang pada Jumat (17/4).

Namun begitu, lanjut Dadang, pihaknya masih percaya luas lahan sawah yang ada saat ini masih cukup untuk memenuhi kebutuhan pangan.(welda)

CATEGORIES
TAGS