Pemkab Garut Selenggarakan Seminar Ketahanan Budaya Lokal

Loading

C

GARUT, (tubasmedia.com) – Guna menghadapi dan mengatasi tantangan dan ancaman, baik dari dalam maupun luar, Kesbangpol Kabupaten Garut menggelar seminar “Ketahanan Budaya Lokal” yang dihadiri siswa/siswi SMA 1 Garut, dengan menampilkan seni tradisional pencak silat.

Kepala Badan Kesbangpol Pemerintah Kabupaten Garut, Asep Suparman, mengatakan, ketahanan bangsa merupakan bagian dari diri dalam mengembangkan kemampuan. Pengembangan diri merupakan bentuk perwujudan dari aktualisasi diri, yaitu proses untuk mewujudkan dirinya yang terbaik sejalan dengan potensi dan kemampuan yang dimiliki.

Dikatakan, setiap individu mempunyai kekuatan yang bersumber dari dirinya. Namun, banyak orang yang merasa tidak mempunyai kemampuan apa-apa, merasa dirinya tidak berguna dan tidak mampu mencapai aktualisasi diri. Setiap orang harus mempunyai keyakinan dasar dalam pengembangan dirinya, yaitu mau berubah.

Oleh karena itu, pengembangan diri memerlukan kesadaran dan motivasi untuk berubah tanpa menghilangkan nilai kearifan budaya lokal.

Asep menambahkan, dengan mengenalkan seni-seni budaya tradisional secara dini, setidaknya dapat menjadikan pemahaman akan budaya lokal unggulan, sekaligus menarik minat para pelajar untuk mencintai budaya sendiri.

Ditambahkan, seminar serupa akan dilaksanakan secara berkelanjutan kepada masyarakat khususnya generasi muda yang nantinya menjadi penerus harapan bangsa dan negara. (deni)

CATEGORIES
TAGS