Pemkab Garut Undang Investor Dalam dan Luar Negeri

Loading

Laporan: Redaksi

ilustrasi

ilustrasi

GARUT, (tubasmedia.com) – Pemkab Garut, Jawa Barat membuka diri terhadap investor serius, bukan investor abal-abal dari dalam dan luar negeri yang akan berinvestasi di Garut. Sejumlah kebijakan Pemkab segera diberlakukan untuk menyambut kedatangan investasi dan perputaran roda usaha di berbagai sektor di wilayah itu.

Bupati Garut Rudy Gunawan menjelaskan investasi yang ditawarkan di antaranya sektor pariwisata, industri, dan pertanian. Dengan pemantauan serius, terutama reklamasi dan retribusi, sektor pertambangan pun akan diajukan.

“Kita utamakan investasi padat karya, sehingga bisa menyediakan lapangan pekerjaan dan melibatkan warga Garut” katanya disela-sela kegiatan sosialisasi kebijakan penanaman modal dan perizinan di Cipanas Garut, pekan lalu.

Selama ini, lanjut Bupati, Kabupaten Garut kurang mengekspos potensi investasi sektor pariwisata. Tahun ini Kabupaten Garut akan melakukan ekspos besar-besaran mengenai potensi wisata di Garut. Dalam waktu tiga tahun, Garut akan seperti Bali. Jalan menuju objek wisata akan diprioritaskan pembangunannya. Begitu juga dengan ekonomi warga sekitarnya yang akan ikut digerakkan.

Bidang industri, kata bupati telah menggaet perusahaan asal Korea Selatan untuk berinvestasi di kawasan perkotaan Garut. Pada April ini, diperkirakan pembangunan industri pembuatan sepatu kulit dimulai dan akan menyerap sekitar 8.000 tenaga pekerja. Pada 2013, Kabupaten Garut berhasil menyerap investasi dengan realisasi senilai Rp 774,9 miliar dari minat investasi Rp 1 triliun.

Angka tersebut melebihi target yang ditetapkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yakni Rp 200 miliar. Nilai realisasi tersebut jauh meningkat dari tahun 2012 sekitar Rp 196 miliar. Kenaikannya lebih dari 300 persen. Tahun 2014, Pemkab Garut mentargetkan investasi sebesar Rp 250 miliar. (deni)

CATEGORIES
TAGS