Pemkab Karawang Gandeng BPPT Kembangkan Pertanian

Loading

Laporan: Redaksi

Ilustrasi

Ilustrasi

KARAWANG, (Tubas) – Sebagai salah satu upaya mempercepat pengembangan potensi pertanian di Karawang, Pemerintah Kab. Karawang melakukan kerja sama dengan Balai Pengkajian dan Penerapan Teknologi.

Penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) tersebut dilakukan oleh Bupati Karawang, H. Ade Swara dan Deputi Kepala BPPT Bidang Pengkajian Kebijakan Teknologi Dr. Ir. Tatang Akhmad Taufik, M.Sc di Gedung Singaperbangsa Lt. II Pemda Karawang, pekan lalu.

Ruang lingkup kerja sama sendiri meliputi berbagai macam penerapan teknologi, di antaranya penerapan teknologi agroindustri dan bioteknologi; pemanfaatan sumber daya alam dan lingkungan; teknologi informasi, energi dan material; teknologi hyperspectral; teknologi SIG; teknologi radar cuaca untuk peramalan organisme pengganggu tanaman (OPT) padi; serta teknologi akuntansi sumber daya lahan sawah.

Bupati Ade Swara mengatakan, penandatanganan MoU hari ini merupakan langkah awal untuk dapat lebih mengembangkan potensi daerah yang ada, khususnya sektor pertanian. “Pemerintah Daerah berharap, keberadaan teknologi yang inovatif bisa dikembangkan melalui kerja sama dengan BPPT ini,” jelasnya.

Bupati menambahkan, Pemerintah Daerah saat ini tengah membangun Kab. Karawang ke arah yang lebih baik, sehingga dengan adanya kerja sama dengan BPPT ini, upaya tersebut dapat semakin cepat terwujud. “Untuk itu, kami berharap kita semua dapat saling bersinergi sehingga bisa semakin cepat membawa Kab. Karawang ke arah yang lebih baik,” imbuhnya.

Ke depan, pihaknya juga mengharapkan kerja sama dengan BPPT ini dapat semakin terus berkembang ke sektor yang lain, di mana BPPT akan menjadi salah satu bagian penting dalam upaya tersebut. “Mudah-mudahan apa yang kita laksanakan hari ini dapat juga diridhoi oleh Allah SWT,” tambahnya. (agus safutra)

CATEGORIES
TAGS