Pemkab Tasikmalaya Akan Bangun Jalan Lingkar Utara dan Selatan

Loading

Pembangunan-jalan-lingkar-V

TASIKMALAYA, (tubasmedia.com) – Bupati Tasikmalaya U. Ruzhanul Ulum didampingi Yusep, Ketua Bappeda, mengatakan, Pemkab Tasikmalaya akan mengalokasikan dana sebesar Rp 590 miliar untuk pembangunan Jalan Lingkar Utara (Lingtar) dan Lingkar Selatan (Lingsel).

Jalur Lingtar akan dibangun dari Pom Bensin Eor Mangunreja melintas ke Jalan Ciawi-Singaparna (Cising) dengan anggaran Rp 300 miliar. Lingtar akan diprioritaskan lebih dulu sebelum pembangunan Lingsel.

”Ke depan kita usahakan agar anggaran bisa masuk lebih cepat dari APBN maupun APBD. Pembebasan lahan pun sebagian dilakukan tahun 2015, sementara pembangunan direncanakan 2016,” kata Uu kepada tubasmedia.com, Sabtu (25/4/2015).

Proyek lingkar utara bisa rampung dalam dua tahun jika semua dana turun. Paling lambat Jalan Lingtar ini tuntas selama lima tahun.

“Kita sudah proyeksikan di RPJMD bupati periode nanti terkait pembangunan lingkar utara dan selatan. Kita upayakan tahun 2015 pembebasan lahan secara bertahap. Dengan tugas Bina Marga mengurusi DED, Tarkim penataan, dan Dishub terkait dengan pembangunan terminal,” kata Bupati Uu.

Sedangkan, proyek Lingkar Selatan, lebih pada penataan ruang dengan merujuk ke arah meminimalisasi kemacetan, tata kota, menjauhkan imej kesemrawutan dan lingkar ini tidak dibuka untuk kendaraan umum.

Pembangunan ini menjadi solusi dari permasalahan yang sudah lama terjadi di Kabupaten Tasikmalaya dalam tata ruang lingkungan, salah satunya dengan memindahkan pasar dan terminal di jalur utara. (hakri miko)

CATEGORIES
TAGS