Pemkab Tasikmalaya Rehab Enam Pasar

Loading

Laporan: Redaksi

ilustrasi

TASIKMALAYA, (tubasmedia com) – Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya akan merehab enam pasar secara bertahap untuk meningkatkan kualitas perdagangan di Kabupaten (Kab) Tasikmalaya.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) Kabupaten Tasikmalaya H Safari Agustin MP kepada wartawan baru-baru ini. .

Safari menerangkan keenam pasar yang direhab itu antara lain Pasar Cikatomas, Pasar Sukamaju (Pagerageung), Pasar Desa Singkir (Cikalong), Pasar Taraju, Pasar Ciawi dan Pasar Guranteng (Pagerageung). Rehab pasar disesuaikan dengan kebutuhan. “Ada yang hanya direhab, ada juga yang dibangun kios,” katanya.

Dana yang disiapkan untuk rehab enam pasar itu, dibutuhkan dana sekitar Rp 4,8 miliar,” kata Safari. Menurutnya, akan diupayakan agar departemen perdagangan provinsi menambah anggaran rehab sehingga bisa mencapai total Rp 10 miliar. “Minta doanya saja supaya bisa berhasil,” harapnya.

Rehab pasar, kata dia, tidak hanya secara fisik, tetapi juga ada perbaikan dari sisi sosial. Dalam hal ini pedagang sebagai ujung tombak harus bisa memberikan pelayanan ramah dan menjual dagangan dengan harga murah.

Kebijakan harga murah bukan berarti ingin membuat para pedagang merugi, melainkan agar ada supplier yang mau memasok barang ke pasar. Jika membeli barang dari supplier, pedagang tidak akan merugi walau menjual barang ke pembeli dipatok dengan harga murah. Pasalnya, barang yang dibeli dari supplier itu murah-murah. “Jadi bisa lebih representatif (pasarnya),” tandasnya. Untuk menyukseskan pasar yang representatif itu, dia berharap para pedagang bisa sinergis dengan pihak Diskoperindag. Pasalnya, jika peningkatan kualitas pasar hanya secara fisik saja hal itu tidak akan membuat pasar bisa representatif.

Dia berharap pasar tradisional bisa menyaingi mini market mini market yang dewasa ini kian marak di beberapa titik keramaian jalan. Rencananya, rehab akan dilakukan di pertengahan tahun. “Sekitar Mei, Juni,” ujarnya. (hakri/dadang)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS