Pemkot Probolinggo Bagikan BOP

Loading

271114-berita-probolinggo-2

 

PROBOLINGGO,(tubasmedia.com) –Walikota Probolinggo Hj Rukmini merancanakan memberikan Bantuan Operasional (BOP) kelurahan tahun 2015 untuk menunjang kinerja aparatur pemerintah keluarahan dalam melayani masyarakat.

BOP tersebut yang disusun dalam rapat koordinasi camat dan lurah se – Kota Probolinggo yang digelar Bagian Pemerintahan, belum lama ini bervariasi antara Rp 96 juta hingga 120 juta pertahun per kelurahan.

Kabag Pemerintahan, Rachmadeta Antariksa mengatakan setiap kelurahan akan menerima BOP jumlahnya berbeda-beda sesuai luas wilayah, jumlah penduduk, dan rasio kemiskinan. Sebanyak 29 kelurahan di lima kecamatan menerima BOP sebesar Rp 96 juta hingga 120 juta pertahun.

Dari jumlah tersebut sebanyak 70 persen digunakan untuk keperluan bidang pemerintah sebagai belanja rutin untuk menunjang kinerja aparatur pemerintah kelurahan. Sebanyak 10 persen dialokasikan untuk bidang sosial dan budaya, yang meliputi kegiatan PKK, Posyandu, LPM dan perlombaan. Sebanyak 15 persen untuk bidang perekonomian.

Pemkot Probolinggo mengelontorkan dana infrastruktur sebesar Rp 5,8 miliar. Dana tersebut disalurkan kepada 29 kelurahan se – Kota Probolinggo melalu melalui lima kecamatan. Setiap kelurahan mendapat Rp 200 juta untuk pembangunan sarana dan prasarana. Pembangunan irigasi dan paving masih dalam pengerjaan. Untuk mengantisipasi terjadinya penyalahgunaan terhadap anggaran tersebut, pihak Kecamatan telah membentuk tim pengawas.(haroem)

CATEGORIES
TAGS