Penderita HIV/AIDS di Grobogan Meningkat

Loading

Laporan: Redaksi

ilustrasi

ilustrasi

GROBOGAN, (tubasmedia.com) – Jumlah penderita HIV/ AIDS di Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah mengalami peningkatan dua kali lipat dari tahun sebelumnya. Dari data yang di rilis Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Grobogan awal 2013 tercatat ada 141 temuan baru penyakit yang mematikan itu.

Diperkirakan, jumlah pengidap yang baru naik hampir dua kali lipat dibanding tahun 2012 yang hanya 87 penderita. ”Temuan baru kasus penderita HIV/AIDS di Grobogan 2013 ini jadi yang terbanyak di Jawa Tengah. Hal ini harus disikapi dengan serius dan jangan hanya diam saja” ungkap Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS Grobogan Made Jenarka. Menurut dia hingga penghujung 2013 ini jumlah penderita HIV/AIDS sudah 412 orang.

Dari jumlah ini, 79 orang di antaranya meninggal dunia. Pengidap HIV/AIDS kebanyaknya ibu rumah tangga, sekitar 22,9 persen. Disusul kemudian kalangan buruh, 17,3 persen, dan wiraswasta 13,6 persen. Berdasarkan usia penderita, sebanyak 60,7 persen penderitanya berumur 21-40 tahun.

Di samping itu, ada anak-anak yang terjangkit penyakit tersebut sekitar 5,8 persen. Dari 19 kecamatan, ada tiga kecamatan yang jumlah penderita HIV/AIDS nya terbanyak yaitu Kecamatan Purwodadi, Kecamatan Toroh, dan Kecamatan Karangrayung. (sofi)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS