Pengenalan Pajak Lewat Olimpiade Cerdas Cermat

Loading

Laporan: Redaksi

Peserta olimpiade cerdas cermat

OLIMPIADE - Peserta olimpiade cerdas cermat siswa SLTA yang digelar USB Surakarta (tubasmedia.com/roian)

SURAKARTA, (TubasMedia.Com) – Tax Centre Fakultas Ekonomi Universitas Setia Budi (USB) dipercaya Direktorat Jenderal Pajak Jawa Tengah II untuk menyelenggarakan lomba cerdas cermat tingkat SLTA di gedung A, kampus USB, pekan lalu. Kegiatan tersebut diikuti 15 SMA, SMK, MA negeri mau pun swasta se-Solo Raya.

Kabid Humas Pelayanan dan Pengelolaan Direktorat Jenderal Pajak Jawa Tengah II Basuki Rakhmad mengatakan, acara cerdas cermat merupakan salah satu cara untuk menanamkan kesadaran kepada masyarakat untuk membayar pajak sejak dini, supaya masyarakat mengetahui arti pentingnya membayar pajak untuk kepentingan bersama, sebab pajak juga akan dinikmati oleh masyarakat dalam bentuk pembangunan dan lain-lainnya. Peserta dari kalangan pelajar SMA dimaksudkan karena sejak di bangku SMA-lah kurikulum ilmu tentang perpajakan mulai dipelajari.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Tax Centre Fakultas Ekonomi USB Sugiarti, SE M.Sc menambahkan selain memperkenalkan pajak sejak dini, juga melatih para mahasiswa USB untuk lebih memahami dan memperdalam pengetahuan tentang perpajakan serta untuk mengenalkan kampus USB di kalangan pelajar SMA.

Perwakilan Guru dari SMAN 1 Andong, Boyolali, Drs. Gusfian, M.Eng antusias mengikuti kegiatan tersebut, apalagi materi cerdas cermat mengenai seputar perpajakan, sehingga banyak pengetahuan yang bisa menambah wawasan bagi siswa dan guru. Diharapkan USB membuat acara serupa yang lebih besar lagi, kalau bisa dari fakultas yang lain agar pengetahuan yang didapat lebih beragam, serta tidak hanya untuk para siswa namun diperuntukkan juga guru-guru.

“Kegiatan seperti ini sangat mempunyai nilai positif karena memacu para siswa untuk berkompetisi secara ilmiah di luar bangku sekolah,” katanya.

Cerdas cermat dilaksanakan selama dua hari. Hari pertama peserta mengikuti babak penyisihan, hari kedua mengikuti partai final. Para peserta akan mendapatkan sertifikat yang sudah disediakan panitia. Juara pertama, kedua dan ketiga mendapatkan trophy dan uang pembinaan. SMKN 3 Solo, sebagai juara pertama, SMAN 1 Andong Boyolali juara kedua, dan SMAN 4 Solo juara ketiga. (roian)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS