PENYUSUNAN KABINET : Perhatikan Masukan Rakyat

Loading

Laporan: Redaksi

ilustrasi

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Presiden dan wakil presiden terpilih, Joko Widodo – Jusuf Kalla, diharapkan memperhatikan dan menguji masukan dari rakyat mengenai figur yang dicalonkan menjadi anggota kabinet, sehingga kesungguhan membentuk pemerintahan rakyat terwujud. Sebab sejak awal sudah dibuka kesempatan bagi rakyat melalui relawan untuk menyampaikan masukan.

Demikian petikan wawancara tubasmedia.com dengan Kepala Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Pengembangan Bisnis (LPPMPB) Universitas Kristen Indonesia (UKI) Jakarta, Sahat Marojahan Doloksaribu, dan pengamat komunikasi politik dari Universitas Pelita Harapan (UPH), Emrus Sihombing, secara terpisah di Jakarta, belum lama ini.

Sahat Marojahan mengatakan, tim transisi Jokowi – JK diharapkan menguji informasi dan masukan mengenai calon menteri yang diajukan masyarakat. Dengan demikian kita berharap terwujud pemerintahan rakyat, melalui figur menteri yang dipercaya masyarakat dan benar-benar teruji mampu mengemban kepercayaan rakyat.

Dosen Fakultas Teknik UKI itu juga mengatakan, transisi pemerintahan dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono kepada Jokowi harus seakurat mungkin agar pemerintah baru dapat segera bekerja dan tidak perlu terlalu meraba-raba. Selain itu, perlu dicairkan suasana di kalangan elite politik, yang cenderung arogan, menjadi lebih elegan dan merakyat.

Berikan Apresiasi

Sementara itu, Emrus Sihombing mengatakan, setelah Mahkamah Konstitusi (MK) memberikan putusan atas Perselisihan Hasil Pemilihan Umum Presiden 2014, Jokowi- JK sudah fokus melanjutkan langkah-langkah yang ditangani tim transisi dan memeriksa masukan dari rakyat melalui relawan, terutama yang berkaitan dengan figur anggota kabinet. Dengan demikian, setelah pelantikan presiden dan wakil presiden pada 20 Oktober 2014, semua sudah jalan.

Ia juga mengharapkan Jokowi – JK mengapresiasi program kerja Prabowo Subianto – Hatta Rajasa, yang dinilai cocok dijalankan oleh pemerintah mendatang. Misalnya, program kerja di bidang pertanian, yang disampaikan Prabowo – Hatta pada masa kampanye yang lalu.

Dikemukakan, sebagian tugas yang akan dikerjakan oleh tim Jokowi –JK sudah dikerjakan oleh tim transisi yang dibentuk beberapa hari setelah KPU menetapkan Jokowi dan JK sebagai presiden dan wakil presiden terpilih. Bagian dari tugas-tugas itulah yang akan dilanjutkan agar visi, misi, dan program kerja Jokowi – JK dapat terlaksanakn dalam masa pemerintahan lima tahun ke depan.

“Kini, Jokowi –JK sudah bisa fokus melanjutkan langkah-langkah yang ditangani tim transisi dan masukan dari rakyat melalui relawan, terutama memilih para anggota kabinet. Dengan demikian, setelah pelantikan presiden dan wakil presiden, semua sudah jalan,” katanya. (ender)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS