Peringatan HUT Linmas Kabupaten Karawang

Loading

Laporan: Redaksi

Ilustrasi

Ilustrasi

KARAWANG, (Tubas) – Ratusan anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) dari berbagai pelosok Karawang memadati Lapang Karang Pawitan Karawang, guna mengikuti upacara peringatan Hari Ulang Tahun Ke-49 Linmas Tingkat Kabupaten Karawang, baru-baru ini.

Dalam kegiatan tersebut, Bupati Karawang, H. Ade Swara bertindak selaku inspektur upacara. Bupati Ade Swara mengatakan, satuan Linmas (Satlinmas) merupakan suatu lembaga kemasyarakatan dengan pembinanya yang berjenjang. “Di mana Menteri Dalam Negeri sebagai pembina umum, dan Gubernur, Bupati, Wali Kota sebagai pembina teknis operasional di daerah, serta ada satuan pelaksana kecamatan, desa dan kelurahan,” ujarnya.

Bupati mengatakan, penyelenggaraan perlindungan masyarakat merupakan urusan wajib yang menjadi kewenangan pemerintah daerah provinsi, kabupaten dan kota. Untuk itu, lanjut Bupati, pemerintah daerah diharapkan dapat lebih meningkatkan eksistensi dan profesionalisme serta kemampuan manajerial maupun operasional satuan perlindungan masyarakat, baik di tingkat provinsi, kabupaten, kota sampai desa, kelurahan.

Salah satunya adalah dengan merencanakan, mempersiapkan dan menyusun serta mengerahkan potensi rakyat dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai perlindungan terhadap permasalahan yang ada dan sedang terjadi di daerah.

Menurut Bupati, peran Satlinmas sangat penting, khususnya saat terjadi permasalahan di daerah seperti bencana, gangguan kamtibmas, serta mampu menunjang berbagai program rehabilitasi pascabencana maupun pascakonflik, maupun terlibat dalam pengamanan penyelenggaraan Pemilu, baik legislatif, presiden dan wakil presiden dan pemilihan gubernur serta pemilihan bupati/wali kota. (agus safutra)

CATEGORIES
TAGS