Perlu Diatur Kerja Sama Industri Komponen Otomotif Asing dan Lokal

Loading

Laporan: Redaksi

ilustrasi

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Pengamat industri otomotif, Soehari Sargo, berpendapat, perlu diatur kerja sama antara industri komponen otomotif dan dalam negeri (lokal). Itu cara yang tepat untuk memperluas pasar.

Soehari Sargo mengemukakan hal itu menjawab pertanyaan tubasmedia.com, pekan ini di Jakarta, berkaitan dengan sudah beroperasinya di Indonesia sejumlah industri komponen otomotif Asia, yang selama ini konsentrasi di Thailand. Tahun depan, jumlah industri komponen otomotif dari mancanegara diprediksi meningkat.

Ia mengatakan, kerja sama itu dapat dalam bentuk mengurangi biaya transpor dan memanfaatkan AFTA. Tapi, kerja sama dengan pengusaha lokal itu bukan keharusan.

Menurut Soehari sejak era Reformasi tidak ada lagi pembatasan investasi yang masuk ke Indonesia. “Asing mau 100 persen, boleh,” katanya.

Dikemukakan, untuk memenangkan persaingan, pengusaha lokal hendaknya efisien. Selain itu harus didukung oleh struktur pendukung, yakni mata rantai suplai bahan-bahan, kecukupan energi, infrastruktur, transportasi, dan sebagainya. Kemudian, didukung oleh lingkungan sosial-politik, seperti, sumber daya manusia dan birokrasi. (ender)

TAGS