Perlu Perda Identitas Budaya Purbalingga

Loading

Laporan: Redaksi

ilustrasi

ilustrasi

PURBALINGGA, (TubasMedia.Com) – Para pelaku seni budaya di Kabupaten Purbalingga prihatin dengan semakin menipisnya kecintaan terhadap seni budaya asli wilayah itu. Padahal, Kabupaten Purbalingga memiliki beraneka ragam karya seni monumental yang tumbuh berkembang di tengah masyarakat. Baik menyangkut bahasa, pakaian tradisional, tradisi, maupun kuliner.

Keprihatinan itu mengemuka dalam Sarasehan Kesenian yang diselenggarakan Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Dinbudparpora) Purbalingga, baru-baru ini. Kebanyakan dari mereka mengusulkan dirintisnya usaha mematenkan ikon atau ciri khas seni budaya Purbalingga.

Kepala Dinbudparpora Akhmad Khotib melontarkan gagasan membuat peraturan daerah tentang identitas budaya Purbalingga. Akhmad berjanji akan mengakomodir usulan para peserta dalam menentukan seni budaya yang akan dijadikan ikon budaya Purbalingga.

Menurutnya, Purbalingga memang harus memiliki ciri khas meskipun untuk mewujudkannya tidak mudah. Oleh karena itu, perlu pembahasan lebih mendalam dan hal ini menjadi bahan renungan buat semua yang peduli akan n lestarinya budaya asli Purbalingga. “Kita akan kawal sampai menjadi perda atau minimal ada peraturan bupati (perbup) tentang hal tersebut,” tandasnya.

Salah seorang peserta memandang upaya pelestarian seni budaya Purbalingga membutuhkan campur tangan pemerintah. Peserta lain mengusulkan dilakukannya pendataan potensi budaya yang benar-benar memiliki ciri khas Purbalingga, karena saat ini banyak seni budaya Purbalingga yang telah terkontaminasi oleh budaya luar daerah. (joko suharyanto)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS