Perubahan Kurikulum Perlu Disertai Pembenahan Guru

Loading

Laporan: Redaksi

Ilustrasi

Ilustrasi

TEGAL ,(TubasMedia.Com) – Guna mempersiapkan keberadaan kurikulum baru tahun 2013, yaitu Kurikulum Pendidikan Nasional, PGRI Kabupaten Tegal, belum lama ini, menggelar seminar pendidikan dengan tema “Peran Strategis PGRI dalam Menyongsong Kurikulum 2013 dan Penilaian Kinerja, Guna Mewujudkan Guru yang Profesional, Bermartabat, Sejahtera dan Terlindungi” di Gedung KORPRI Kabupaten Tegal.

Seminar diikuti ratusan guru dari seluruh PGRI Cabang di Wilayah Kabupaten Tegal,dengan narasumber Ketua Umum PB PGRI yang juga Anggota DPD Hadi Sulistiyo dan Ketua Biro Diklat PGRI Provinsi Jawa Tengah Titi Priyatiningsih
Bupati Tegal HM Herry Soelistyawan yang membuka acara tersebut menyambut baik pelaksanaan seminar .”Kami sangat mengapresias dan berterima kasih kepada PGRI Kabupaten Tegal atas inisiatifnya menggelar kegiatan ini” katanya.

Perubahan apapun dalam kurikulum tidak akan ada artinya jika tidak disertai pembenahan para guru. Untuk itu, tambah Herry, pemerintah juga harus memetakan guru melalui Kinerja Penilaian Guru (PKG) dan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)seperti Uji Kompetensi Kepala Sekolah (UKKS) dan Uji Kompetensi Pengawas Sekolah (UKPS)
Kurikulum yang masih dalam pembahasan dan akan disosialisasikan bulan Februari akan difokuskan pada 4 mata pelajaran meliputi Matematika, Bahasa Indonesia, Pendidikan Agama, dan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Ke empat mata pelajaran tersebut dianggap mampu mempengaruhi nasionalisme dan meningkatkan karakter generasi muda, lebih mengedepankan pembentukan sikap dan mengandung dasar-dasar mata pelajaran yang memiliki substansi pengembangan wawasan umum. (christoper)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS