PNM Cabang Jambi Kerja Sama Dengan PT Jasa Raharja Kembangkan UMKM

Loading

211114-nasional-15

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Jelang perhelatan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015 mendatang, PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM terus mengoptimalkan potensi pelaku UMKM.

Kali ini, PNM melalui cabang Jambi bersama PT Jasa Raharja (Persero), melaksanakan pelatihan bagi mitra binaan PT Jasa Raharja (Persero) cabang Jambi. PNM sebagai rencana strategis pemerintah dalam pemberdayaan usaha mikro, kecil, menengah, dan koperasi (UMKMK) dalam hal pembiayaan modal usaha serta pelatihan berkesinambungan melalui program pengembangan kapasitas usaha mendapatkan perhatian khusus dari PT Jasa Raharja (Persero).

PNM mengadakan seminar kerja dengan menampilkan pembicara internal PNM serta dan Motivator, acara ini turut dibuka oleh Kepala PT Jasa Raharja (Persero) cabang Jambi.

Executive Vice President I PNM, Arief Mulyadi menjelaskan, dalam pelatihan ini para mitra binaan akan diberikan pemahaman, motivasi, dan diskusi strategi untuk mengembangkan usaha mikronya agar lebih berkembang baik dari aspek produksi, distribusi, dan pemasaran. UMK di Jambi dan sekitarnya mempunyai potensi untuk mengembangkan bisnisnya sesuai dengan potensi bisnis di daerah tersebut seperti songket, batik, makanan, dan pelaku UKM lainnya.

“Pembiayaan disertai pendampingan usaha merupakan diferensiasi PNM dengan lembaga micro financing lainnya. Pendampingan usaha disertai pelatihan seperti ini sejalan dengan prioritas pembangunan nasional kabinet kerja yang baru terbentuk ini. Pemberdayaan koperasi dan UMKM selaras dengan visi pemerintah yang menginginkan terwujudnya perekonomian Indonesia yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian berlandaskan ekonomi kerakyatan, ” kata Arief, Jumat (21/11/14).

Pemimpin PNM Cabang Jambi, Muhammad Yusbar menambahkan, sinergi dengan PT Jasa Raharja ini merupakan sinergi yang baru pertama kali dilakukan diantara kedua perusahaan plat merah ini.

“Tujuan yang ingin dicapai adalah PNM bersama dengan Jasa Raharja mampu meningkatkan kapasitas usaha serta kemampuan manajerial dan distribusi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah. Diharapkan ke depannya UMKM terus maju sehingga masyarakat madani yang sejahtera dan mandiri akan terwujud,” imbuhnya.

Berbatasan langsung dengan Sumatera Barat dan Smuatera Selatan, posisi geografis Jambi memiliki posisi yang strategis untuk mengembangkan usaha dari berbagai sektor terutama dari sektor perkebunan. Hal ini didukung dengan program Pemerintah Derah Provinsi Jambi yaitu “Pengembangan Kelapa Sawit Sejuta Hektar” serta “Replanting Karet”. Peluang usaha bagi pelaku UMKM terbuka luas dan PNM akan hadir untuk pendampingan serta pembiayaan usaha bagi.

Sebagai catatan tambahan, Yusbar juga menyampaikan kinerja positif pembiayaan PNM Cabang Jambi dalam setahun terakhir. Tercatat per Oktober 2014 realisasi outstanding pembiayaan Unit Layanan Modal Mikro (ULaMM) sebesar Rp 81 miliar yang disalurkan kepada nasabah yang tercatat hingga periode yang sama sebanyak 1.629 nasabah. (angga)

TAGS