Prioritas, Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Desa

Loading

Laporan: Redaksi

Ilustrasi

Ilustrasi

TASIKMALAYA, (TubasMedia.Com) – Bupati Tasikmalaya, H. U Ruzhanul Ulum mengatakan untuk mempercepat pemerataan pembangunan di wilayah Kabupaten Tasikmalaya, Pemda harus memiliki perencanaan yang matang menyusun perencanaan jangka menengah dan jangka panjang.

RPJMD Pemkab Tasikmalaya tahun 2011-2015, merupakan penjabaran yang dituangkan dalam strategis pembangunan daerah, berupa kebijakan, program dan kegiatan pembangunan serta kerangka pendanaannya. Maka rencana penyusunan program yang berpedoman Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJMD) dan memperhatikan Rencana Pembangunan Daerah Jangka Menengah Nasional (RPJMN).

Penyusunan RPJMD dilakukan setelah Bappeda melakukan berbagai dialog yang melibatkan pemangku kepentingan dari Pemprov, Pemkab dan Pekot, dunia usaha, perguruan tinggi, lembaga swadaya masyarakat serta berbagai elemen masyarakat.

Sebaik-baiknya RPJMD dibuat, tidak akan memiliki makna yang berarti bila tidak diimplementasikan dengan pelaksanaan RPJMD Kabupaten Tasikmalaya. Semua itu, tergantung dari kesepakatan, kesepahaman serta komitmen bersama antara Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, serta seluruh pemangku kepentingan dalam kurun waktu 2011-2015

Kepala Bapeda Kabupaten Tasikmalaya, H. Iwan Saputra menjelaskan RPJMD Kabupaten Tasikmalaya sebagai penjabaran dari Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Tasikmalaya tahun 2005 – 2025 yang memiliki keterkaitan signifikan.

Sedangkan RPJMD 2011-2015 selain berpedoman kepada RPJD, juga memperhatikan tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Tasikmalaya. Program RPJMD yang disusun Bappeda erat kaitannya dengan visi, misi dan jargon Gerbang Desa. (hakri)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS