Provinsi Riau Siap Laksanakan Pilkada Serentak Akhir 2015

Loading

index

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Wakil Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat, Lukman Edy mengatakan KPU dan Bawaslu Daerah Provinsi Riau siap menyelenggarakan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak Desember 2015 , meski masih banyak persoalan di lapangan. Ini dipastikan dalam pertemuan dengan Bawaslu dan KPU Riau, di Pekanbaru, Rabu (4/3). “Pilkada serentak akan dilaksanakan di sembilan Kabupaten/Kota se-Riau. Total anggaran Pilkada di sembilan Kabupaten/Kota itu mencapai Rp190 milyar,” kata Lukman Edy dalam siaran persnya di Jakarta, Rabu (4/3/2015).

Dia menambahkan, untuk pelaksanaan Pilkada serentak di empat Kabupaten/Kota diantaranya yakni Bengkalis, Meranti, Dumai dan Indragiri Hulu sudah menganggarkan dalam APBD 2015. “Rata rata tiap kabupaten menganggarkan Rp20 milyar, sisanya lima kabupaten lagi yakni Rokan Hulu, Rokan Hilir, Kuantan Sengingi, Pelalawan dan Siak akan diakomodasi melalui perubahan APBD Tahun 2015 ini,” jelasnya.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu mengatakan, Pilkada serentak 2015 di Riau masih menyisakan persoalan. Pertama, tidak adanya anggaran KPU Riau untuk melakukan monitoring terhadap pelaksanaan pilkada di kabupaten/kota. KPU Riau tidak mendapat bantuan dari APBD Provinsi, sementara anggaran yg dimiliki melalui APBN hanya untuk honor dan gaji karyawan.

“Masalah validasi DPT di perusahaan perkebunan dan pertambangan yang mobilisasinya tinggi berakibat selisih DPT mencapai puluhan ribu suara. Dan masalah konflik desa di perbatasan, 5 desa yang masih konflik antara 2 kabupaten yaitu kabupaten kampar dan rokan hulu,” bebernya. Dia meminta Kementerian Dalam Negeri harus mencari solusi agar semua permasalahan dapat diantisipasi dengan baik. “Memerintahkan segera kepada Kabupaten/Kota yang belum menganggarkan dalam APBD-nya untuk segera melakukan perubahan APBD,” pungkasnya.(nisa)

CATEGORIES
TAGS