Purbalingga Masuk Nominasi Penyelenggaraan Pemerintah Terbaik

Loading

Laporan: Redaksi

Ilustrasi

Ilustrasi

PURBALINGGA, (TubasMedia.Com) – Kabupaten Purbalingga menjadi salah satu nominator penyelenggaraan pemerintahan terbaik di Provinsi Jateng. Dari 35 Kabupaten/Kota di Jateng, terpilih tujuh wilayah masing-masing Kabupaten Semarang, Jepara, Kudus, Purbalingga, kota Semarang, Kota Tegal dan Kota Solo. Ketujuh nominator akan dievaluasi oleh tim dari pemerintah pusat dan provinsi lain.

Sekda Purbalingga, Imam Subijakto mengungkapkan, penentuan nominator didasarkan pada hasil Evaluasi Kinerja Penyelanggaraan Pemerintah Daerah (EKPPD) tahun 2011. Rencananya, tim pusat dan tim dari provinsi lain akan melakukan verifikasi data pada minggu keempat bulan Februari atau minggu pertama Maret 2013. Hal itu disampaikan pada saat rapat koordinasi persiapan klarifikasi EKPPD, pekan lalu.

Kinerja yang dievaluasi terdiri dari capaian kinerja tataran pengambil kebijakan yang terdiri 13 aspek, dan capaian kinerja tataran pelaksana kebijakan yang terdiri dari 34 urusan wajib dan urusan pilihan.

Aspek kinerja tataran pengambil kebijakan, antara lain ketenteraman dan ketertiban umum, keselarasan dan efektivitas hubungan antara pemda-pemerintah provinsi/pusat serta antarpemda dalam pengembangan otonomi daerah. Aspek keselarasan antara kebijakan pemda dengan kebijakan pemerintah (provinsi/pusat), efektivitas hubungan antara pemda dengan DPRD, efektivitas proses pengambilan keputusan oleh bupati beserta tindaklanjut pelaksanaannya, serta aspek pengelolaan potensi daerah dan terobosan inovasi baru.

Bupati Purbalingga, Heru Sudjatmoko meminta agar pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait untuk serius mempersiapkan data-data yang dibutuhkan. Pimpinan SKPD juga harus bertanggung jawab atas data yang disampaikan, mulai dari tataran kebijakan hingga teknis. (joko suharyanto)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS