Purworejo Peringkat Tiga Bencana Tsunami di Jawa Tengah

Loading

gambar-ahmad

PURWOREJO, (tubasmedia.com) – Wilayah Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah menampati peringkat ke-10 sebagai daerah rawan bencana Tsunami di Indonesia dan peringkat ke-3 se Jawa Tengah setelah Cilacap dan Kebumen. Direktur Kesiapsiagaan BNPB, Medi Herianti dalam pertemuan penyusunan Dokumen Rencana Kontijensi Bencana Tsunami Kabupaten Purworejo 2015 di aula Bappeda Purworejo, Jumat (20/3/2015) mengatakan penaggulangan bencana alam masuk dalam Nawa Cita Presiden Joko Widodo.

Kegiatan tersebut berlangsung dari Selasa (17/3) hingga Jum’at (20/3) dan dibuka Staf Ahli Bupati Purworejo bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik H Ahmad Kasinu. Hadir sebagai narasumber dari BMKG Yogyakarta, BPBD Jawa Tengah dan dosen UII. “Penyusunan rencana kontijensi bertujuan untuk menurunkan resiko akibat bencana. Kontijensi ini bisa ditindaklanjuti dengan peraturan di tingkat daerah,” katanya

Bupati Purworejo Ahmad Zein memberikan apresiasi atas prestasi BPBD yang menjadi Juara I Tingkat Nasional dalam bidang rehabilitasi dan rekonstruksi bencana. Kondisi wilayah Purworejo berpotensi bencana khususnya Tsunami memerlukan perhatian dan kewaspadaan. Pemkab Purworejo melakukan berbagai upaya, termasuk memasang sirene tanda bahaya dan skenario penanganan. “Penyusunan dokumen ini diharapkan mampu menjadi pedoman penanganan bencana gelombang Tsunami di wilayah Kabupaten Purworejo” harap bupati (ahmad)

CATEGORIES
TAGS