Ribuan Tenaga Honorer Kecewa Moratorium CPNS


Laporan: Redaksi

Ilustrasi

Ilustrasi

TASIKMALAYA, (TubasMedia.Com) – Ribuan tenaga honorer yang sudah mengabdi tahunan di lingkungan Pemkab Tasikmalaya kecewa. Pasalnya, pada tahun 2012 ini, para tenaga honorer belum bisa menjadi CPNS (calon pegawai negeri sipil) menyusul kebijakan moratorium CPNS yang dilakukan Pemkab setempat.

Berbeda dengan Pemkab Ciamis yang dalam tahun ini akan mengangkat ribuan tenaga honorer menjadi CPNS. Diperkirakan sedikitnya 36 orang tenaga honorer kategori satu dan 2.274 orang kategori dua.

Kabid BKPLD Kabupaten Tasikmalaya, Ari menjelaskan sejak dilakukannya moratorium CPNS di Kabupaten Tasikmalaya, secara otomatis Pemkab belum dapat mengangkat atau mengusulkan honorer menjadi CPNS ke pemerintah pusat. Sejak diberlakukannya moratorium pada 2010, Pemkab Tasikmalaya memiliki 13 orang honorer kategori satu dan 2.572 kategori dua yang tersebar di lingkungan Pemkab Tasikmalaya.

Kepastian pengangkatan honorer kategori satu, dua dan dokter setelah ditetapkannya PP 56 tahun 2012 dan Perka Badan Kepegawaian Negara No. 9 tahun 2012, mekanisme pengangkatan akan ditentukan pemerintah pusat. “Sejak beberapa tahun ini, Pemkab Tasikmalaya kekurangan sekitar 6.000 orang karyawan PNS, 50 persen di antaranya tenaga pendidik. Kekurangan ini akan bertambah menyusul adanya PNS memasuki masa pensiun,” kata Ari. (hakri)

Berita Terkait

Komentar

Komentar