Rimbawan Purworejo Tanam Ribuan Pohon

Loading

260315(4)

PURWOREJO, (tubasmedia.com) – Peringatan hari bahkti rimbawan di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah ditandai dengan penanaman ribuan bibit pohon dari berbagai aneka jenis yang ditanam di bantaran Sungai Bogowonto, Rabu (24/3/2015).

Jenis bibit tanaman yang ditanam sebanyak 750 bibit glodogan pecut dan 1.000 bibit kaliandra, pohon keben dan pohon pucuk merah, beringin serta sawo kecik.

Kegiatan tersebut melibatkan seluruh tenaga penyuluh kehutanan di Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Purworejo. Hadir Plt Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Eny Sudiati, Kabid Kehutanan Subagyo dan Lurah Kedungsari Kasyanto.

Pada kesempatan itu Eny Sudiyati mengharapkan kegiatan itu bisa mendorong pemberdayaan masyarakat dalam rangka penyelamatan sumber daya alam dengan penanaman dan penghijauan. ” Penyuluh kehutanan akan membantu masyarakat mengembangkan hutan agar bernilai lebih dan tidak sekedar mengandalkan hasil pohonnya saja,” katanya.

Penyuluh kehutanan di Purworejo ada 17 orang. Penyuluh kehutanan memiliki peran penting untuk daerah-daerah pegunungan. “Di hutan rakyat, penyuluh kehutanan ada dan membantu masyarakat meningkatkan pendapatannya,” ujar Eny.

Di tengah kebiasaan masyarakat yang melakukan tebang butuh, penyuluh kehutanan dituntut mengajak masyarakat bisa mendapat pendapatan lain dari sekedar menebang pohon. (ahmad)

CATEGORIES
TAGS