Sail Komodo 2013, Kembangkan Ekonomi Kelautan

Loading

Laporan: Redaksi

ilustrasi

ilustrasi

JAKARTA, (TubasMedia.Com) – Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif C Sutardjo mengatakan, puncak acara Sail Komodo 2013 akan dilaksanakan 14 September 2013 di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT. Menurut rencana acara itu akan diresmikan Presiden.

“Kegiatan Sail Komodo 2013 merupakan salah satu upaya mempromosikan Taman Nasional Komodo sebagai kawasan konservasi perairan dalam rangka mengembangkan ekonomi kelautan,” kata Sharif dalam rilisnya yang diterima Tubas, baru-baru ini.

Ia menegaskan, kegiatan Sail Komodo 2013 tidak hanya sebatas pada event semata yang akan habis setelah kegiatan ini selesai. Lebih dari itu, Sail Komodo dapat menjadi stimulan bagi pemberdayaan masyarakat dalam pembangunan daerahnya.

Sail Komodo 2013 melibatkan sejumlah kementerian/lembaga seperti Kementerian Koordinator Kesejahteraan Rakyat, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Perhubungan, Kementerian Pekerjaan Umum, Kementrian Luar Negeri, Kementrian Badan Usaha Milik Negara, Kementerian Pertahanan, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Perumahan Rakyat, Kementerian Sosial dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Beberapa sentra pembangunan yang telah disiapkan beberapa kementerian, antara lain, Gerbangterpadu, MCK oleh Kemenpera, Bangsal Belanja (Kemensos) pelatihan ekonomi kreatif (Kemenparekraf), bedah kampung nelayan (Kemensos), bedah rumah (Kemenpera), pembangunan pelataran pantai dan panggung rakyat, perbaikan jalan oleh Kemen PU serta program Kesejahteraan Nelayan (PKN) oleh KKP.

Pemerintah daerah berperan dalam memobilisasi semua sumber daya daerah, baik itu dari APBD maupun keterlibatan sektor swasta. Seperti halnya pada pelaksanaan Sail sebelumnya.
“Nantinya, juga diperkenalkan rumah pintar yang dibangun di Kampung Ujung, NTT. Rumah pintar ini akan diresmikan Ibu Negara Ani Yudhoyono,” tambahnya.

Menurut Sharif, kegiatan Sail juga menjadi model percepatan pembangunan daerah kepulauan dan daerah terpencil. Sail Komodo sangat efektif untuk mempromosikan wilayah NTT dan sekitarnya sebagai tujuan wisata nasional dan internasional.

Apalagi Taman Nasional Komodo merupakan salah satu Situs Warisan Dunia, sehingga pemerintah sudah semestinya melestarikan, mengembangkan, serta mempromosikan Taman Nasional Komodo.

Tema Sail Komodo 2013 adalah “Sail Komodo 2013: Jembatan Emas Menuju Nusa Tenggara Timur menjadi Destinasi Utama Pariwisata Dunia. (roni)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS