Satlinmas Dilatih Keterampilan Penyelamatan di Air Angkatan I

Loading

Laporan: Redaksi

ilustrasi

SEMARANG, (tubasmedia.com) – Walau saat ini masih musim kemarau di Jawa Tengah, namun aparat pemerintah yang mempunyai tanggung jawab di bidangnya, mempersiapkan tenaga relawan untuk penyelamatan korban banjir. Belum lama ini Badan Kesbang Pol dan Linmas Jawa Tengah telah melaksanakan pelatihan guna meningkatkan kemampuan Satlinmas dalam memberikan perlindungan kepada masyarakat yang terkena musibah banjir.

Hal itu disampaikan Kepala Badan Kesbang Pol Dan Linmas Jawa Tengah, Drs. Achmad Rofai, saat meresmikan Pelatihan Peningkatan Kemampuan Penyelamatan di air Angkatan I bagi 50 orang anggota Satlinmas Se Bakorwil I, di Balai Diklat Kabupaten Demak, baru-baru ini. Pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan bagi anggota Satlinmas dalam ikut membantu evakuasi dan menolong korban khususnya bencana banjir.

Walau kita tidak berharap terjadinya korban akibat bajir, serta saat ini belum memasuki musim penghujan, namun kita perlu mempersiapkaan SDM yang telah ahli dan siap pengetahuan dan mentalnya untuk mengatasi bila terjadi banjir,” katanya.

Pelatihan dijadwalkan 15 jam pelajaran teori dan 20 jam pelajaran praktek lapangan, dengan dipandu oleh para nara sumber yang ahli di bidangnya masing-masing Antara lain dari Kesbang Pol Dan Linmas Jawa Tengah, dan LANAL Semarang.

Di sela-sela waktu pelatihan berlangsung, Sumarjo salah satu peserta pelatihan ketika ditemui Tubas menyatakan, bahwa besar sekali manfaat dari pelatihan ini. Setelah melakukan praktek lapangan menjadi tahu apa saja yang harus dilakukan menolong korban ketika banjir datang. “Saya menjadi tambah percaya diri dengan bertambahnya pengetahuan saya,” katanya. (yon)

CATEGORIES
TAGS
OLDER POST

COMMENTS