Segera, Datang Minyak Mentah dari Afrika

Loading

kpal

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Kapal yang mengangkut 600.000 – 900.000 barel minyak mentah impor dari Sonangol EP Angola, Afrika, sedang berlayar menuju Indonesia. Minyak tersebut untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri yang jumlah mencapai 10 juta barel per bulan.

Vice President Integrated Supply Chain (ISC) Pertamina Daniel Purba menjelaskan sebelum masuk Indonesia bulan Februari nanti, impor minyak mentah perdana dari Sonangol EP sudah bisa diterima ISC. Saat ini prosesnya sudah berlayar kapal yang disewa oleh Pertamina.

“Impor mulai bulan ini, satu kapal isinya 600.000 hingga 900.000 barel. Nantinya, setiap bulan kami akan dikirim kembali,” kata Daniel, Senin, awal pekan ini.

Menurut Daniel ISC sudah mendapat mandat menggantikan Pertamina Energy Trading Limited (Petral) dalam pengadaan minyak untuk kebutuhan dalam negeri. Kebutuhan impor bahan bakar minyak mencapai 9 juta barel per bulan hingga 10 juta barel per bulan.

Pemerintah dengan Sonangol EP bersepakat, Pertamina membeli minyak dari perusahaan itu setara 100.000 barel per hari (bph). Artinya, Sonangol EP akan memasok sepertiga dari kebutuhan bulanan minyak mentah untuk kebutuhan lokal atau sebanyak 3 juta barel saban bulan. (siswoyo)

CATEGORIES
TAGS