Sektor Pariwisata Mampu Perbaiki Kesejahteraan Masyarakat

Loading

Laporan: Redaksi

ilustrasi

PURBALINGGA, (tubasmedia.com) – Pengembangan sektor pariwisata di Purbalingga dinilai mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Hal itu disampaikan Kepala Bidang Pariwisata Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Olahraga Kabupaten Purbalingga, Prayitno, Selasa (9/9).

Menurut Prayitno Pemkab Purbalingga berkomitmen untuk terus mengembangkan sektor pariwisata karena sektor tersebut dinilai telah mengambil peran penting dalam pembangunan perekonomian. Hal itu ditunjukkan dengan meningkatnya kesejahteraan ekonomi masyarakat.

Pengembangan pariwisata juga memiliki kontribusi yang signifikan dalam pembangunan ekonomi daerah sebagai instrumen peningkatan pendapatan daerah. Pariwisata mampu menyumbang pendapaan asli daerah (PAD), memperluas lapangan kerja, menanggulangi kemiskinan dan mengangkat citra daerah.

“Prospek pariwisata sangat strategis, oleh karena itu pengembangannya harus digarap secara serius, terarah dan profesional,” kata Prayitno.

Dalam kesempatan yang sama, Prayitno menerima rombongan kluster wisata FEDEP (Forum for Economic Development and Employment Promotion) – Bappeda Karanganyar. Selama di Purbalingga, rombongan mengunjungi beberapa tempat wisata.

Rombongan dipimpin oleh Kepala Bidang Sosial Ekonomi Bappeda Kabupaten Karanganyar, Joko Prihasto. Joko menyatakan bahwa kunjungannya bersama para pelaku wisata di Kabupaten Karanganyar sengaja memilih Purbalingga.

“Purbalingga kami nilai memiliki kemajuan yang spesifik dalam hal pengelolaan pariwisata. Hal ini terlihat dari jumlah wisatawan dan destinasi yang menarik dikunjungi. Dan ternyata, setelah kami mengunjungi beberapa destinasi wisata serta desa wisata, kami yakin, para peserta bisa menimba ilmu banyak untuk pengembangan pariwisata di wilayah Kabupaten Karanganyar,” kata Joko. (joko suharyanto)

TAGS

COMMENTS