Selesai Pelatihan Kompetensi Langsung Bekerja

Loading

Laporan: Redaksi

ilustrasi

ilustrasi

PURBALINGGA, (TubasMedia.Com) – Sebanyak 16 peserta pelatihan berbasis kompetensi yang diselenggarakan Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja Dalam Negeri (BBPLKDN) Bandung bekerja sama dengan Pemkab Purbalingga, langsung diterima bekerja di dua perusahaan di Bandung.

Mereka merupakan bagian dari 48 peserta pelatihan tahap pertama, yang terdiri dari 32 peserta jurusan las dan 16 peserta kejuruan mekanik tune up sepeda motor. Para pemuda berpotensi ini mengikuti pelatihan kerja selama tiga minggu, 9 – 30 September 2013.

“Jumlah yang langsung kerja terdiri dari 14 peserta diterima bekerja di Studio Nyoman Nuartha dan dua lainnya di PT. Telehouse. Empat peserta jurusan otomotif menyatakan sanggup bekerja, namun masih menunggu penempatan. Sisanya akan bekerja secara mandiri,” ungkap FX Iwan E Irawanto dari BBPLKDN saat penutupan pelatihan, pekan lalu.

Kepala BBPLKDN Dudung Heryadi meminta para peserta tidak berpuas diri dengan ilmu dan keterampilan yang didapat, namun harus terus meng-up grade keterampilan dengan mengikuti program pelatihan lanjutan di BBPLKDN. Selain itu, mereka diminta mengikuti uji kompetensi yang akan diupayakan BBPLKDN.

“Waktunya masih menunggu kesempatan dari penguji. Sehingga selain mendapat sertifikat pelatihan, nantinya peserta juga mendapat sertifikat kompetensi,” katanya.

Sekda Purbalingga Imam Subijakto mengajak generasi muda Purbalingga untuk bisa menangkap peluang kerja. “Itu peluang dan harus ditangkap. Peluang tidak akan kembali lagi saat sudah terlewat,” katanya.

Imam berpesan kepada para peserta pelatihan, untuk mampu mengembangkan diri menjadi pemuda yang terampil dengan bekal ilmu yang didapat selama pelatihan. Selain itu, sebagai pekerja harus bisa menjaga kepercayaan yang diberikan oleh perusahaan.

“Tingkatkan terus profesionalisme di tempat kerja. Yang belum diterima kerja, jangan mencari pekerjaan, tetapi buatlah lapangan kerja di daerah bersama pemuda lainnya,” kata Imam. (joko suharyanto)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS