Sutera Wajo, Sulit Ditandingi

Loading

Laporan : Redaksi

Kuroda - Fauzi Azis

Kuroda - Fauzi Azis

WAJO, (Tubas) – Kuroda, Marketing Expert Project Kerjasama JICA dengan Pemprov Sulawesi Selatan (Sulsel) bidang Pengembangan Industri Lokal di Sulsel menilai kain sutera (hand made) yang berasal dari Sulawesi Selatan merupakan produk unggulan yang sulit ditandingi.

Hal itu dikatakan Kuroda kepada Staf Ahli bidang Pemasaran dan P3DN, Menteri Perindustrian, Fauzi Azis saat bertemu di salah satu show room kain sutera di Wajo, Sulsel pekan silam. “Sutera Indonesia memang unggul bahkan lebih unggul karena banyak pilihan,” tegas Kuroda.

Hanya saja lanjutnya, mutu dan desain kain sutera hand made Sulawesi Selatan masih sangat membutuhkan campur tangan para ahli dan pemerintah tentunya. Campur tangan ini kata Kuroda teramat penting untuk menghadapi persaingan yang amat ketat.

Cina menurut Kuroda, tenun kain sutera mereka amat pesat kemajuannya disebabkan banyak “tangan” yang peduli untuk memajukannya. Demikian juga Thailand. Kepompong yang diternakkan di dua negeri itu amat bermutu karena memang disiapkan secara serius. “Rasanya sih Indonesia harus menyadari pentingnya ulat sutera yang bermutu tinggi. Di Cina itu kepompongnya berwarna kuning keemasan,” lanjutnya.

Fauzi Azis yang mendengar keterangan Kuroda mengakui bahwa memang bibit ulat sutera (kokon) di Indonesai khususnya di Wajo sangat kurang sehingga para pengrajin atau pemintal benang sutera kesulitan menghasilkan benang yang bermutu.

“Pohon murbai kita memang sangat banyak dan ditanami di hutan yang luas, tapi untuk apa itu daun murbai kalau ulat yang akan memakannya tidak disediakan juga. Seharusnya, penyediaan pohon murbai harus sebanding dengan penyediaan ulat sutera,” kata Fauzi.

Informasi yang diperoleh dari para penenun mengatakan dari 25.000 butir telur ulat sutera dan setelah menetas, kurang lebih satu bulan kemudian sudah bisa panen kepompong untuk seterusnya dipintal menjadi benang. Hasilnya bisa mencapai 5 kilogram benang sutera. Dan satu kilogram benang sutera bisa ditenun menjadi 3 lembar kain sarung. (sabar)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS