Tari Kreasi Jawa Timur-an Semakin Digalakkan

Terbit 1 April 2011 - 15:19 WIB | Dibaca : 2221 kali

Laporan : Audy

Ilustrasi

Ilustrasi

JAKARTA, (Tubas) – Pagelaran lomba tari kreasi Jawa Timur-an (LKJT) yang diadakan di Anjungan Jawa Timur (AJT) Taman Mini Indonesia Indah (TMII) baru-baru ini berlangsung meriah.

Menurut Kepala AJT Hendry Soenarhandoko, LKJT bertujuan untuk melestarikan produk seni tari khususnya bernuansa jawa timuran sekaligus sebagai evaluasi aktivitas pendidikan dan latihan tari yang diselenggarakan setiap Selasa dan Kamis di AJT TMII.

Hendry menambahkan peserta LKJT terdiri dari berbagai sanggar, sekolah dan grup. Kategori lomba anak-anak tingkat A untuk usia 5 tahun-10 tahun. Kategori anak-anak tingkat B untuk usia 11 tahun-15 tahun. Materi tari kreasi yang dilombakan dalam kategori A antara lain Tari Anak Indonesia, Bermain, dan Belang Telon.

Sedangkan materi untuk kategori B Tari Kelelawar, Kerja Bakti, dan Walang Ketrek. Kriteria penilaiannya dilihat dari kemampuan peraga dari teknik, kualitas gerak, ekspresi serta penjiwaan. Kemudian juga dari sudut kekompakan, ketepatan iringan, komposisi, penguasaan panggung termasuk rias dan busana.

Peserta yang berhasil meraih juara akan mendapat piala dari Kepala KPPJT. Setiap peserta LKJT akan mendapatkan sertifikat. Pesta budaya itu juga disaksikan Kepala KPPJT Drs. Ashari Abubakar MM, Kepala AJT Hendry Sonarhandoko SE, MH dan Kepala Anjungan Jawa Tengah. ***

Tweets

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

HTML tags are not allowed.

Copyright © 2011-2012 TubasMedia.com - All Rights Reserved - Berita Terkini - Profil - Info Iklan - Feed Berita - Feed Komentar - Go Mobile
Facebook button Twitter button RSS button