Tasikmalaya Akan Jadi Sentra Pangan di Jabar

Loading

260115-ekbis
TASIKMALAYA, (tubasmedia.com) – Kabupaten Tasikmalaya akan dijadikan sentra pangan di Provinsi Jawa Barat. Begitu dikemukakan Bupati Tasikmalaya Uu Ruzhanul Ulum.

Wacana tersebut beralasan, mengingat potensi Kabupaten Tasikmalaya cukup mumpuni untuk memproduksi pangan berkualitas tinggi. Lahan dan sumber mata air sangat mendukung pertanian masyarakat.

“Itu juga terbukti dari banyaknya penghargaan dalam bidang pangan yang sudah diraih oleh Pemerintahan Kabupaten Tasikmalaya. Baik itu penghargaan dari dalam negeri maupun luar negeri,” kata Uu kepada tubasmedia.com, Senin (26/1/2015).

Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Tasikmalaya Henry Nugroho mengatakan, untuk menyikapi wacana tersebut pihaknya sudah melakukan persiapan, mencetak seluas 170 hektare, sawah termasuk merehabilitasi jaringan irigasi 1.000 hektare. Selain itu, pihaknya meningkatkan indeks pertanaman, tiga kali dalam satu tahun.

Dengan persiapan itu pihaknya siap menjadikan Tasikmalaya menjadi sentra pangan di Jawa Barat, secara bertahap. Itu dengan catatan tidak hanya mengandalkan Kabupaten Tasikmalaya untuk suplai pangan se-Jabar. “Kalau salah satu sentral pangan kami sanggup dan siap,” kata Henry. (hakri)

CATEGORIES
TAGS