Tenda Senilai Rp 15 M untuk SBY Masih Dibahas

Terbit 18 September 2012 - 03:17 WIB | Dibaca : 833 kali

Laporan: Redaksi

Ilustrasi

JAKARTA, (TubasMedia.Com) – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberikan penjelasan resmi seputar polemik proyek pengadaan tenda senilai Rp15 miliar. Menurut jubir BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, tenda tersebut tidak hanya diperuntukkan bagi Presiden semata.

Sutopo menuturkan, dalam rapat Komisi VIII DPR RI dengan BNPB Selasa lalu, membahas relokasi anggaran 2012, salah satu usulan BNPB adalah pengadaan Posko Portabel seharga Rp15 miliar. Satu set Posko portabel dapat berupa tenda atau kontainer yang berjumlah puluhan. Tendanya bukan seperti tenda pramuka atau pengungsi.

“Ini semua inisiatif BNPB, bukan dari Presiden. Satu set Posko portabel terdiri dari beberapa ruangan, seperti ruangan untuk pos komando, ruang koordinasi, ruang radio komunikasi, media center, ruang bedah/perawatan, logistik, peralatan, ruang istirahat,” ujar Sutopo, Minggu (16/9/12).

Bahan yang digunakan juga harus kuat menahan ancaman bencana, seperti abu dan pasir letusan gunung api, dan gempa bumi. Saat bencana ketika ada kunjungan VVIP seperti Presiden, Wapres, Menteri atau pejabat lain dapat menginap di posko tersebut.

Pengadaan tenda ini berkaca pada pengalaman saat bencana seperti banjir bandang di Wasior, tsunami di Mentawai, gempa di Padang dan sebagainya, BNPB dan BPBD kesulitan mencari ruangan yang memadai yang dapat digunakan sebagai pos komando.

Apalagi jika gempa bumi besar yang menyebabkan bangunan roboh dan pada daerah yang terpencil maka posko portabel sangat dibutuhkan. Ketika selesai bencana, alat tersebut dibongkar (knock down) dan disimpan di gudang serta dapat digunakan untuk daerah lain. (red)

Tweets

Komentar Anda

  1. fakta di lapangan banyak warga utk makan aja gak bisa dan puluhan ribu anak-anak ga bs sekolah karena andak ada biaya, demikian juga pengobatan…sangat memprihatinkan…tapi tenda sekali lagi tenda u bapak presiden yg terhormat mau dibeli senilai Rp 15 miliar…au ach lap…

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

HTML tags are not allowed.

Copyright © 2011-2012 TubasMedia.com - All Rights Reserved - Berita Terkini - Profil - Info Iklan - Feed Berita - Feed Komentar - Go Mobile
Facebook button Twitter button RSS button