Ternyata Stretch Mark Semasa Hamil Bisa Dicegah

Loading

3666-mainarticlelandscape-go4hlthumb
JAKARTA, (tubasmedia.com) – Peningkatan kadar hormon progesteron, estrogen, dan glukokortikoid semasa kehamilan membuat ibu hamil rentan mengalami masalah kulit, salah satunya stretch mark.

Grace Wardhana sebagai dokter spesialis kulit dari Brawijaya Women and Children Hospital di Jakarta pada Sabtu lalu memaparkan perubahan kulit yang terjadi akibat peningkatan kadar hormon ini dapat dicegah.

Menurut dokter Grace, stretch mark yang sudah terjadi, tidak dapat dihilangkan total. Namun, stretch mark bisa dicegah dengan mengkonsumsi makanan yang kaya zat-zat untuk kesehatan kulit dan memperkuat kerangka protein pada jaringan elastin dan kolagen di kulit, seperti zinc yang terdapat pada ikan dan kacang-kacangan, makanan yang mengandung vitamin A, C, dan D, serta makanan yang tinggi protein, seperti telur.

Selain itu, hindari makanan berlemak dan minuman yang mengandung dan konsumsi lebih banyak air putih. Juga, saran Grace, ibu hamil sebaiknya menggunakan minyak yang dapat meningkatkan elastisitas kulit, contohnya cocoa butter, aloe vera, atau essential oil. Dan hindari losyen atau krim yang mengandung retinoic acid karena bisa mengganggu kesehatan janin yang dikandung.(rika)

CATEGORIES
TAGS