Tidak Terbit (Sementara)

Loading

tubas

TIDAK terasa perjalanan Surat Kabar Mingguan Tunas Bangsa (SKM Tubas) sudah cukup jauh, 3 Desember 2014, genap berusia tujuh tahun. Bagi media massa, usia tujuh tahun cukup matang, penuh warna riak-riak suka dan duka. Pengasuh merasa gembira dapat bersama para pembaca selama tujuh tahun, tanpa henti, kecuali pada hari libur nasional, sekalipun menghadapi banyak kendala.

Koran Mingguan Tunas Bangsa berusaha mengimplementasikan fungsi-fungsinya sebagaimana umumnya media massa. Kami gembira, karena merasa dapat melaksanakan fungsi kontrol sosial tanpa harus menyakiti. Kami suka, karena merasa mampu melaksanakan fungsi pendidikan tanpa harus menggurui. Kami pun bangga, karena dapat menyalurkan aspirasi pembaca atau rakyat tanpa perlu khawatir. Masih beberapa lagi fungsi pers yang kami coba jalankan selama ini. Tentu, itu hanya penilaian kami, bukan pihak lain.

Untuk mendukung terlaksananya fungsi-fungsi itu, kami mencoba membuka cakrawala yang lebih luas, di antaranya, menyelenggarakan seminar nasional, sekali dalam satu tahun. Kami memilih topik seminar dari sejumlah laporan utama yang lagi hangat pada masanya. Itu kami tempuh dengan harapan kehadiran SKM Tubas lebih “membumi”, dekat dengan pembaca.

Kami juga mencoba ambil bagian dalam upaya nasional mencerdaskan bangsa, dengan menerbitkan buku. Upaya penerbitan buku itu memang baru dimulai dengan terbitan pertama dan kedua. Lantaran itu, kami menilai, pembukaan unit lain itu baru dalam taraf rintisan dan ke depan, kami akan berupaya melanjutkannya, sesuai kemampuan.

Pesatnya perkembangan teknologi informasi menyuburkan pertumbuhan media online atau situs berita di taman modern ini. Kami pun tidak mau ketinggalan dan sekitar tiga tahun lalu, SKM Tunas Bangsa sudah didampingi situs berita yang kami namai www.tubasmedia.com. Dengan kehadiran situs berita itu, informasi penting bagi pembaca dapat diperoleh dalam hitungan menit, tidak perlu lagi menunggu tibanya SKM Tunas Bangsa, yang terbit sekali dalam seminggu. Semua upaya dan perkembangan itu kami tempuh demi sidang pembaca.

Menyambut “fajar baru”, tahun 2015, yang penuh harapan, kami bertekad untuk mengembangkan situs berita www.tubasmedia.com supaya lebih berkemampuan melayani sidang pembaca. Kami berharap situs berita kami akan menjadi salah satu pilihan utama. Peningkatan isi dan “wajah” situs berita itu tengah berlangsung dan akan berkelanjutan.

Setelah menggambarkan secara singkat perjalanan kami selama tujuh tahun, dengan berbagai peluang dan kendala, maka dengan perasaan kehilangan, kami sampaikan kabar, penerbitan SKM Tunas Bangsa akan kami hentikan mulai Desember 2014. Dengan demikian, edisi ini adalah terbitan terakhir (sementara). Sambil mengembangkan www.tubasmedia.com, kami berharap mampu menyusun posisi dan strategi baru agar kelak dapat lagi menerbitkan media cetak.

Pada kesempatan ini, kami menghaturkan terima kasih kepada sidang pembaca dan relasi, yang selama tujuh tahun ini memberikan kontribusi bagi SKM Tunas Bangsa. Kami juga mohon maaf atas kesalahan dalam penulisan, ucapan, dan perbuatan. Kami berharap sidang pembaca tetap bersama kami lewat www.tubasmedia.com. ***

CATEGORIES
TAGS