Tiga Bandara Akan Dibangun di Priangan Timur

Loading

berita-pangandaran-bandara-

JAWA BARAT, (tubasmedia.com) – Selain rencana pembangunan Tol Cileunyi – Tasikmalaya – Banjar, yang dimulai tahun ini, pemerintah akan membangun tiga bandar udara untuk masyarakat Priangan Timur.

Hal itu dikemukakan Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat, Dedi Taufik, kepada tubasmedia.com melalui telepon genggam, Senin (25/5/2015) pagi.

Ketiga bandara di Jabar itu adalah Nusawiru di Pangandaran, Kertajati di Majalengka dan Wiriadinata di Kota Tasikmalaya. Pembangunan dimaksud adalah pengembangan bandara-bandara tersebut untuk kebutuhan komersial.

Dari ketiga bandara tersebut, salah satu bandara akan digarap lebih awal, yakni Bandara Nusawiru di Kabupaten Pangandaran. Rencana pembangunan Bandara Nusawiru mencuat dalam pertemuan para kepala daerah dan kepala Bappeda di Bandung, baru-baru ini, kata Dedi

Dedi mengatakan, pengembangan Bandara Nusawiru menjadi bandara komersial sudah dirintis beberapa tahun lalu. Hal ini dibuktikan dengan masuknya Bandara Nusawiru dalam daftar bandara yang akan dikembangkan dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 69 Tahun 2013 tentang Tatanan Kebandarudaraan Nasional.

Bandara Nusawiru sudah memiliki master plan dan business plan sebagai acuan untuk pengembangan ke depan. Secara sederhana, konsep rencana pengembangan Bandara Nusawiru akan diarahkan pada empat hal, antara lain, pengembangan bandar udara komersial, pengembangan sekolah pelatihaan penerbang, pengembangan industri perawatan pesawat, dan penanganan bencana (crisis center), kata Dedi. (hakri Miko)

CATEGORIES
TAGS