Tiga Gunung di Kabupaten Garut Akan Terus Diteliti

Loading

Laporan: Redaksi

Ilustrasi

Ilustrasi

GARUT, (TubasMedia.Com) – Kepala Bidang Kebudayaan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Garut, Drs. Warjita mengungkapkan kepada TubasMedia.Com di ruang kerjanya pekan lalu, tiga gunung yang ada di Garut, Jawa Barat telah diteliti oleh tim ahli geologi dan antropologi dari staf Khusus Presiden Bidang Bantuan Sosial dan Bencana Alam.

Dalam penelitian tersebut, ungkap Warjita, ada prediksi peninggalan bersejarah yang terkubur di dalam ketiga gunung tersebut, antara Gunung Sadahurip, Gunung Haruman, dan Gunung Kaledong. Ketiga gunung tersebut dinyatakan status quo, yang artinya ada dalam penelitian tim ahli kepresidenan.

Di Gunung Sadahurip yang terletak di Desa Sukahurip, Kecamatan Pangatikan, dari hasil penelitian sementara diduga terdapat bangunan piramida seperti halnya di Mesir, sedangkan Gunung Haruman dan Kaledong di wilayah Kecamatan Kadungora dinyatakan oleh tim peneliti dari Staf Ahli diduga ada bangunan serupa. yaitu piramida, ungkap Warjita seperti dinyatakan secara resmi sesuai surat staf ahli kepresidenan kepada Bupati Garut.

Tetapi, untuk lebih meyakinkan adanya situs prasejarah pada ketiga gunung tersebut, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut oleh tim ahli geologi dari staf kepresidenan, Belum dilakukannya penelitian lebih lanjut, kata Warjita, karena tim ahli yang diperintahkan staf kepresidenan menunggu Pemkab Garut dapat menghimpun sejarah dari tiga gunung tersebut.

“Sekarang belum ada penelitian, mereka menunggu kita dapat menghimpun data historis dari ketiga gunung tersebut,” ungkapmya.

Tim Studi Bencana Katastropik Purba tidak akan mencari piramida di Gunung Sadahurip. Namun mereka akan memastikan keberadaan ada tidaknya bangunan purba di gunung tersebut. Untuk itu, penelitian pun pasti akan terus dilakukan, ungkap Warjita, kepada TubasMedia.Com. (sighar)

CATEGORIES
TAGS